Lewat Program Event Baby Fair Lotte Mart Gelar Edukasi Dampak Gadget Terhadap Anak

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Penggunaan gadget pada anak yang berlebihan tentu dapat menimbulkan dampak negatif. Bagaimana bahaya gadget bagi anak, dan seperti apa penggunaan gadget yang baik buat anak, semua dikupas melalui program _Event Baby Fair Lotte Mart_ yang di selenggarakan oleh Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu 26 Oktober 2019.

Kegiatan edukasi tersebut diberi tema *_Babies And Kids Fair_*. Selain mengedukasi anak terhadap gadget, Lottemart juga mengajak anak untuk mengikuti lomba fashion show. Dalam acara ini juga turut dihadiri Artis dan Presenter TV Maya Septha, dan Psikolog anak Lecya Laita, M, Psi.

“Temanya sangat menarik mengenai Gadget dan anak diera sekarang ini, bagaimana dampaknya, dan bagaimana halnya yang harus dilakukan oleh orang tua itu sesuai dengan keadaan saat ini. Bagaimana anak lahir diera digital dan tidak bisa dihindari, kemudian perlu sekali orang tua untuk tau dampaknya seperti apa. Dan selain mengedukasi tentang Gadget disini juga menampilkan Fashion Show untuk anak anak, “kata Lecya Laita, M, Psi sebagai psikolog anak, pada awak media di sela sela acara, *_Babie And Kids Fair_* di Lottemart Kelapa Gading Jakarta Utara.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa, semua kontrolnya ada di orang tua, bagaimana orangtua bisa memberikan batasan yang jelas, konsisten dan memberikan contoh bagaimana menggunakan Gadget yang tepat untuk anak, jadi kuncinya semua ada di orang tua.

“Kalau orangtuanya tegas dan orangtuanya bisa memberikan batasan konsisten, maka dampak negatif penggunaan Gadget bisa diminimalisir, “ungkapnya.

Sementara itu, menurut Maya Septha yang juga artis dan presenter disalah satu stasiun televisi mengatakan penggunaan Gadget tidak bisa dipungkiri dan tidak boleh melarang penggunaan Gadget, karena anak saya mengerjakan tugas sekolah sekarang sudah online, dan semua sudah aplikasi mau tidak mau harus menggunakan Gadget.

“Jadi sekarang bagaimana pemakaiannya Gadget ada batas dengan cara membatasi waktu pemakaian Gadgetnya dan harus meminta izin dulu kepada orang tua, “ujar Maya.

Lanjutnya menjelaskan, “kita juga tidak bisa melarang menggunakan Gadget dan orang tua harus kreatif kasih kegiatan kepada anak, untuk mengurangi penggunaan Gadget dengan cara kreatif seperti dialihkan ke permainan dihalaman rumah. Batasin waktu penggunaan Gadget dengan 30 menit”.

“Saya sharing aja dengan para orangtua lainnya, misalkan ada masukan aplikasi baru dari orangtuanya, tentang Gadget dalam membatasi penggunaannya, kemudian ada ide ide baru juga untuk membatasinya, “tandasnya.

Penulis : Khanza
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.