Masyarakat Pendatang Diminta Jangan Tinggalkan Papua

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan Pemprov dan Warga Papua akan selalu menerima kedatangan Warga asal Minangkabau di Bumi Cendrawasih. Lukas memahami saat ini ada banyak warga asal Sumbar dan dari provinsi lain yang melakukan eksodus keluar dari Papua karena trauma pascatragedi Wamena.

Tapi menurut Enembe, sebaiknya warga Minang dan pendatang dari daerah lain tidak perlu keluar dari Papua. Ia berharap warga pendatang tetap berada di Papua dan kembali membangun perekonomian.

Sementara itu, Dalam kunjungannya, Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw mengimbau kepada warga pengungsi agar tidak terburu-buru mengambil keputusan pulang ke kampung halaman.

“Saya minta masyarakat sekalian tidak terprovokasi dengan isu situasi yang berkembang di Papua. Jangan terburu-buru ingin pulang kampung,” kata Paulus Waterpauw mengawali tugas awal setelah diangkat kembali menjadi Kapolda Papua.

Waterpauw memastikan aparat keamanan TNI-Polri menjamin keamanan seluruh masyarakat baik Papua maupun non-Papua yang ada di wilayah Papua, termasuk Wamena. “Kami jamin keamanan saudara-saudara yang berada di Papua. Jadi jangan khawatir, saudara-saudara aman,” katanya.

Selain memastikan jaminan keamanan, Waterpauw juga meminta pengungsi tidak terprovokasi dengan isu-isu yang beredar di Papua. “Berita hoaks ini yang memicu terjadinya kerusuhan. Ini yang harus dihindari,” pungkasnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Mc-KJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.