Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Madivif 2 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han)., memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Lapangan Penegak Sapta Marga Markas Divif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Selasa (1/10).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini mengambil tema “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Dalam upacara tersebut, juga dilakukan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan doa untuk para pahlawan dan juga untuk seluruh bangsa Indonesia serta dibacakan Ikrar, yang berisi bahwa pertama, sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI.

Kedua rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara dan ketiga, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, semua yang hadir membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Upacara ini diikuti satuan Divif 2 Kostrad, yang di hadiri oleh Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han)., Asren Divif 2 Kostrad, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, Perwira Staf Divif 2 Kostrad serta Komandan satuan jajaran Divif 2 Kostrad.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.