Polres Banyuasin Gelar Latihan Dalmas, Untuk Meningkatkan Pengendalian Massa

Spread the love

Jurnalline.com, Banyuasin (Sumsel) – Sebanyak 150 (seratus lima puluh ) Personil Polres Banyuasin melaksanakan kegiatan latihan Dalmas di Lapangan Depan Mako Polres Banyuasin yang dilatih langsung oleh Instruktur Aiptu Ali Nurjani, SH PS Kanit Dalmas Polres Banyuasin, Jum’at dini hari.

“Adapub materi latihan yang diajarkan yakni Formasi Dalmas Awal, Formasi Dalmas Lanjutan,Cara Menggunakan Tameng dan Cara Negosiator,” kata Kanit Dalmas Aiptu Ali Nurjani, SH., PS saat dibincangi disela – sela kegiatan tersebut.

Menurut Aiptu Alu Nurjani bahwa kegiatan latihan Dalmas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan personil Polres Banyuasin untuk mengatasi aksi unjuk rasa damai maupun pengendalian aksi massa yang anarkis secara profesional dan sesuai SOP.

Hal yang sama dikatakan Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar, S.IK melalui Kabag Ops Kompol MP Nasution, SH saat dibincangi media ini menyampaikan, bahwa pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menangggulangi aksi unjuk rasa.

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” tutur Kabag Ops Kompol MP Nasution.

Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, juga untuk persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainya yang terjadi di wilayah hukum Polres Banyuasin.

“Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,” terang Kompol MP Nasution.

Kompol MP Nasution menambahkan, bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan.

Disebutkan, kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan,” pungkasnya dia.

Turut hadir dan memantau langsung kegiatan latihan Dalamas tersebut Kabagops Polres Banyuasin Kompol MP Nasution, SH.MH, Kasat Sabhara AKP Arifin , SH.,MH ,beserta Kanit Sabhara Polsek Jajaran Polres Banyuasin.

Penulis : Denny
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.