Pusdikbanmin Kodiklatal Gelar Samapta Akhir Siswa Dikspespa

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal (Surabaya) – Jelang pelaksanaan penutupan Pendidikan (Tupdik), 54 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) TNI AL yang sedang menempuh Pendidikan di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Kodikdukum melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) akhir di Lapangan Dewaruci, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Dari 54 siswa yang mengikuti tes Kesegaran Jasmani tersebut terdiri dari Siswa Dikspespa Suplay, Dikspespa Pendidikan, Dikspespa Personil.

Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes samapta mengatakan bahwa tes Garjas akhir yang diperuntukan bagi siswa Dikspespa tersebut merupakan rangkaian kegiatan program Pendidikan yang diselenggarakan Pusat Pendidikan bantuan Administrasi sebelum berakhirnya program Pendidikan.

“Nilai samapta ini bila digabungkan dengan nilai akademis dan kejuangan siswa sangat berpengaruh terhadap penentuan urutan rangking dan kelulusan siswa,” jelas pamen melati dua di pundak ini.

Dalam tes Garjas akhir ini, diharapkan para siswa menunjukan progres signifikan dilihat dari kesamaptaan jasmaninya. Adapun tes garjas tersebut lanjutnya meliputi Baterei A, berupa lari selama 12 menit minimal menempuh 2.400 meter, Baterei B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shuttle Run (lari angka delapan).

Dari hasil tes Garjas akhir yang telah di gelar para siswa mampu memperbaiki catatan waktu dan jarak yang ditempuh dibandingkan dengan tes Garjas awal pada empat bulan lalu.

Bila pada Garjas Awal masih ditemukan yang lari ada yang di bawah 2400 meter, Di Garjas Akhir bisa memperbaikinya dengan mencapai jarak minimal 2400 dalam 12 menit, bahkan ada beberapa orang yang melampaui 3000 meter, kemudian di baterai B juga sama, di pull up yang dulu masih ditemukan hanya mampu mengangkat tubuh 4 kali kini mereka sudah mampu lebih dari delapan kali.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.