Satkes Kodiklatal Seleksi Casis Diktukba TNI AL Angkatan ke-49 TA 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal (Surabaya) – Sebanyak 1.600 Prajurit Strata Tamtama dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut yang juga calon siswa (Casis) Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan ke-49 tahun 2019 melaksanakan tes Kesehatan yang dilaksanakan di Satuan Kesehatan (Satkes) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) Surabaya.

Dari jumlah tersebut terdiri terdiri Korps Pelaut, Korps Teknik, korps Elektro, korps Suplay, korps kesehatan, korps Polisi Militer dan Korps marinir.

Menurut Kepala Satuan Kesehatan Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Wahyu Krisnoto Fp., M. bahwa seleksi kesehatan tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu kedepan yang terbagi dalam beberapa gelombang.

Adapun pemeriksaan di Satkes Kodiklatal ini lanjutnya, meliputi pemeriksaan luar berupa pemeriksaan fisik dan pemeriksaan dalam. Adapun pemeriksaan luar atau fisik meliputi tinggi dan berat badan, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan mata, kulit dan telinga.

Sedangkan pemeriksaan bagian dalam meliputi Rongsen, jantung, paru-paru berikut organ lainnya, pemeriksaan darah dan pemeriksaan urine.

“Sebelum menjalani Pemeriksaan di Satkes Kodiklatal para Casis telah membawa surat Status Kesehatan (Stakes) dari Kotama asal yang berisi Kondisi Stakes Casis terakhir. Dalam seleksi ini surat Stakes dari Kotama sebagai pembanding sebelum diputuskan laik tidaknya mengikuti pendidikan,” terangnya.

Selain tes Kesehatan para casis tersebut juga akan melaksanakan tes Kesamaptaan Jasmani, akademik umum, mental idiologi yang dilangsungkan di Bumimoro, Kodiklatal, sedangkan materi tes psikologi dan kesehatan jiwa digelar di Lembaga Psikologi Angkatan Laut Juanda.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.