Tingkatkan Profesionalisme Di Bidang Teknologi, Kolat Koarmada II Menggelar Pelatihan Aerial Target Drone

Spread the love

Jurnalline.com, Koarmada II. (Surabaya) – Perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut peningkatan kemampuan prajurit Koarmada II untuk terus berinovasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pelatihan Aerial Target Drone yang dilaksanakan oleh para pelatih dijajaran Kolat Koarmada II, (9/10).

Pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 7 hingga 10 Oktober 2019 ini, berada dibawah komando Kapten Laut (E) Dhaesa Pramana, S.T. yang juga sekaligus sebagai Ketua Tim Ghora Vira.

Adapun materi yang diajarkan dalam pelatihan tersebut antara lain dasar-dasar aerodinamika, operasional penerbangan, regulasi penerbangan pesawat tanpa awak. Juga dilaksanakan praktek lapangan yang terdiri dari Prosedur Pre Flight Check, Prosedur Take Off, Prosedur Penerbangan, Prosedur Post Flight Check, dan Prosedur Penyimpanan.

Lebih lanjut Dhaesa mengungkapkan jika tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membekali sekaligus meningkatkan kemampuan para pelatih di Kolat Koarmada II, dengan pemberian penambahan pengetahuan pengendalian Aerial Traget Drone sebagai sasaran dalam penembakan artileri, maupun sebagai sarana pengintaian daerah sasaran.

“ Diharapkan dengan adanya Aerial Target Drone ini dapat melatih para pengawak radar di KRI agar bisa melaksanakan latihan tanpa harus melibatkan pesawat udara secara langsung, melainkan cukup dengan menggunakan drone yang saat ini merupakan salah satu komponen dalam teknologi persenjataan terkini “, terang Dhaesa disela pelatihan.

Dhaesa pun menambahkan usai pelatihan ini, para pelatih di Kolat Koarmada II juga diharapkan dapat melaksanakan uji gladi tugas tempur bagi KRI dengan menggunakan sasaran latih yang riil pada serial Air Defense Exercise. Serta dapat mengukur secara lebih nyata kemampuan para pengawak radar di KRI.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Dinas Penerangan Koarmada II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.