Aksi Memukau Taruna AAL di HUT Ke-74 Korps Marinir

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Aksi memukau unjuk kebolehan display Genderang Suling Gita Suling (GS) Gita Jala Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL)
mewarnai perayaan di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Korps Marinir. Jumat (15/11/2019).

Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. turut hadir, mewakili Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. pada acara tersebut, telah membuat semangat Taruna AAL saat unjuk kebolehan display GS tersebut.

Pelaksanaan upacara HUT Ke-74 Korps Marinir, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., didepan ribuan prajurit Korps Marinir dengan Komandan upacara Letkol Marinir Aang Andy Warta, Kasal mengucapkan, selamat ulang tahun ke-74 Korps Marinir. Selain itu, Kasal menyampaikan ucapan selamat atas kepercayaan negara dan pimpinan TNI kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang telah menjadi Kotama Operasi TNI.

Hingga di usia pengabdiannya yang ke- 74 tahun, lanjut Kasal, Korps Marinir selalu berperan aktif dan berhasil dalam berbagai penugasan, keberhasilan tersebut membuat Korps Marinir mendapatkan banyak apresiasi, baik dari masyarakat maupun pemerintah, sehingga Korps Marinir dipercaya menjadi salah satu Kotama Operasi TNI.

Perubahan tersebut merupakan pendorong bagi Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas yang telah diamanatkan, di sisi lain, kepercayaan itu merupakan tantangan dan amanah yang harus dapat dipertanggung jawabkan dan diwujudkan dalam medan tugas pengabdian kepada negara.

Kasal juga menyampaikan rasa bangganya karena bisa hadir di tengah-tengah prajurit Korps Marinir dalam upacara peringatan ulang tahun ke-74 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang pada hakekatnya merupakan refleksi dari jiwa korsa.

Kebanggaan, kecintaan dan kehormatan prajurit baret ungu. Rentang waktu pengabdian selama 74 tahun bukanlah masa yang singkat, Korps Marinir lahir dalam era revolusi perjuangan bangsa, tumbuh dan besar dalam berbagai pertempuran di setiap palagan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hingga saat ini, keberadaan Korps Marinir TNI Angkatan Laut selalu menjadi bagian penting, sekaligus merupakan kekuatan strategis yang dapat diandalkan oleh negara untuk menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu, tepat kiranya pada peringatan ulang tahun kali ini, tema yang diusung adalah: Profesionalitas, Loyalitas dan Pengabdian Prajurit Petarung Korps Marinir untuk NKRI”, kata Kasal.

Sebelum mengakhiri amanat, Kasal menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani sebagai berikut: Pertama, tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, untuk membentengi diri dari pengaruh negatif lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dan penugasan.

Kedua, sikapi perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan arif dan bijak, hindari terjebak dalam disrupsi teknologi dan dampak negatif dari media sosial. Perkuatlah karakter dan jati diri sebagai prajurit Korps Marinir, serta pertahankan nilai-nilai budaya yang kita miliki.

Ketiga, pelihara dan tingkatkan kompetensi, militansi dan naluri tempur, teruslah mengisi diri dengan berlatih penuh semangat dan terukur serta laksanakan tugas-tugas dengan kemampuan maksimal untuk mencapai hasil terbaik.

Keempat, jaga nama baik dan citra Korps Marinir TNI Angkatan Laut, dengan selalu menjunjung tinggi disiplin, hierarki dan kehormatan militer sebagai ciri khas prajurit matra laut.

Kelima, pertahankan dan tingkatkan terus soliditas dan sinergitas dengan jajaran TNI, Polri, pemerintah serta masyarakat dimanapun kalian bertugas guna menjaga dan memperkokoh kebhinekaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada peringatan HUT Korps Marinir ke-74 pada tahun 2019, selain untuk parade dan mempertahankan upacara dan kendaraan tempur, juga dihadiri oleh berbagai atraksi dari TNI, termasuk demonstrasi seni bela diri militer, parasut, dan tari nasional.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.