Danrem 071/Wijayakusuma : TMMD Mempercepat Pembangunan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, Cilacap – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam progresnya adalah untuk percepatan pembangunan didaerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak bencana alam, dan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Hal tersebut, dikatakan Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kavaleri Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., usai menghadiri Upacara Penutupan TMMD Reguler 106 Kodim 0703/Cilacap, Kamis (31/10/2019) di Desa Cilibang Kec. Jeruklegi Kab. Banyumas.

Dikatakan lebih lanjut, pemerintah telah dan akan terus melakukan pemerataan pembangunan untuk mensejahterakan rakyatnya. TNI sebagai salah satu intitusi dalam pemerintahan berperan aktif untuk ikut serta dalam menyukseskan pembangunan tersebut, yang salah satunya melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). “TMMD merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat, karenanya perlu dukungan dari semua unsur yang terlibat baik TNI, Polri, Pemda maupun masyarakatnya”, ungkapnya.

Sampai saat ini, TMMD masih sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diterangkan Danrem, dalam program TMMD dibangun sarana fisik seperti pembangunan jembatan, membuat jalan, irigasi dan lain-lain. Selain itu juga ada pembangunan non fisik yang diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, bantuan administrasi kependudukan, bela negara, penyuluhan pertanian, penyuluhan KB-KES, penyuluhan perbankan, penyuluhan narkoba dan kegiatan non fisik lainnya.

“Melalui progres TMMD, kehidupan rakyat semakin sejahtera, karena aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa semakin lancar serta sarana prasarana fasilitas umum khususnya yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat juga makin baik”, terangnya.

Danrem berharap, setelah usainya TMMD ini, masyarakat di sini akan lebih sejahtera dan setara dengan masyarakat di daerah lainya. Masyarakat akan semakin cerdas dan memiliki wawasan yang luas sehingga lebih kreatif dan inovatif sehingga akan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.

Penulis : Fram/Dp
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.