Edtmi Wawolumaja, SPT : Bangun Sikap Ketaatan Patuh Anak Didik

Spread the love

Jurnalline.com Minahasa – Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh dalam melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya atau dengan kata lain suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam melaksanakan tanggung jawab sudah seharusnya dilakukan.

Kepala sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) 1 Kakas Drs Aneke Pinatis, M.Pd, melalui Kepala Bagian Kesiswaan Edtmi Wawolumaja, Spt. mengatakan Kedisiplinan siswa dapat dilihat dari ketaatan (kepatuhan) siswa terhadap aturan (tata tertib) yang berkaitan dengan jam belajar di sekolah meliputi jam masuk sekolah dan keluar sekolah, kepatuhan siswa dalam berpakaian, kepatuhan siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah, dan sebagainya.

“Semua aktifitas siswa yang dilihat kepatuhannya adalah berkaitan dengan aktifitas pendidikan di sekolah, yang juga dikaitkan dengan kehidupan di lingkungan luar sekolah.” tukasnya

Bagi seorang siswa mempunyai tanggung jawab yang harus dilakukan di Sekolah seperti setiap hari siswa datang tepat waktu dan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu merupakan salah satu contoh bahwa disiplin seorang siswa memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tersebut, karena disiplin siswa memberikan dampak terhadap proses pendidikan yang diikuti oleh siswa dalam kelas.

“Mewujudkan akan hal ini, melihat realita saat ini mulai jauh dari yang diharapkan, karena masih banyak siswa baik di jenjang pendidikan dasar, menengah pertama, dan atas yang memiliki disiplin yang sangat rendah ini terjadi masih kurangnya kesadaran dari diri siswa dalam melaksanakan apa yang menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang siswa.” jelasnya

Kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran yang diikuti tersebut sangat bermanfaat tidak hanya untuk pribadi siswa itu sendiri akan tetapi berpengaruh pada lingkungan sekitarnya terlebih untuk masa depan siswa itu sendiri.

Dikatakan demikian, karena jika seorang siswa yang sudah terbiasa sebagai siswa yang disipilin tentu akan mudah dalam mengerjakan segala sesuatu baik itu kegiatan sekolah maupun di luar sekolah. Misalnya saja kegiatan di Sekolah ikut dalam sebuah organiasasi seperti pramuka maka siswa yang memiliki sikap disiplin tersebut akan melaksanakan kewajibannya sebagai anggota pramuka dan juga melaksanakan tanggung jawabnya dalam belajar.

“Karakter disiplin ini juga bisa berpengaruh terhadap lingkungan sekitar siswa. Siswa yang memiliki karakter disiplin dan bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan mudah dan dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu maka siswa lain juga akan menimbulkan kecemburuan dalam proses pembelajaran yang berlangsung dikelas.” imbuhnya

Siswa yang kedisiplinannya tinggi bisa mempengaruhi siswa lain yang kedisplinannya masih kurang,
Salah satu contoh Apel Pagi maupun Apel Jam KBM usai diharapkan dapat dilaksanakan penuh tanggung jawabnya sebagai seorang siswa terhadap aktivitas yang dilakukan.

“Peran orang tua dalam Merespon panggilan pihak sekolah untuk memberikan dampak positif rerhadap siswa itu sendiri. dengan keterlibatan semua pihak tentunya akan meningkatkan mutu pendidikan lebih berkualitas, sesuai motto SMK Bisa, SMK Siap Kerja, SMK Hebat.” kuncinya SMK Negeri 1 Kakas Bangun Kedisiplinan Siswa Berakhlak Gapai Prestasi

Menambahkan jika para siswa suda memiliki disiplin yang tinggi, ini akan mampu melaksanakan tanggung jawab sesuai yang ditentukan sebab kedisiplinan yang dilakukan memiliki banyak manfaat yang didapatkan antara lain membuat siswa menjadi lebih tertib dan teratur dalam menjalankan kehidupannya, dapat mengerti bahwa kedisiplinan itu sangat penting bagi masa depan kelak, dapat pula membangun kepribadian siswa yang kokoh dan diharapakan bisa berguna bagi semua orang serta disiplin merupakan kunci awal meraih kesuksesan.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.