Kasal Resmikan Masjid Dan TPA Ar Rahman Di Marunda

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., meresmikan Masjid dan Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Ar-Rahman bertempat di Pasmar 1 Marunda, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (8/11).

Pembangunan sarana ibadah dan sarana pendidikan ini merupakan hasil kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Masjid tersebut dibangun di area hunian Komplek TNI AL Marunda yang berbatasan dengan area fasilitas Pasmar-1. Berdiri di atas lahan seluas 11.583 m2, dengan ukuran bangunan masjid 117 M x 99 M dan dapat menampung sekitar 1.200 orang jamaah, sementara di dalam lingkungan masjid tersebut terdapat sarana pendidikan berupa Taman Pendidikan Al Quran (TPA) yang terdiri dari 2 ruang kelas, 1 kantor pengelola dan 1 ruang perpustakaan.

Kasal menyampaikan, rasa syukurnya karena di Kesatrian Marinir Baroto Sardadi, Marunda telah berdiri Masjid yang megah dan indah sehingga dapat menambah kekhusyukan dalam beribadah guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan para prajurit TNI AL. “Saya sangat berharap kepada seluruh prajurit Pasmar-1 Kesatrian Baroto Sardadi dan warga sekitar agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan hendaknya dijadikan tempat untuk memotivasi terbinanya kerukunan hidup intern umat beragama dan antar umat beragama, di tengah kehidupan bangsa yang majemuk, demi kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa” ujar Kasal.

Adapun salah satu keunikan dari Masjid Ar-Rahman ini adalah memiliki serambi yang terdiri dari tiga teras sebagai simbol dari Trisila TNI AL, yakni Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer; diartikan sebagai pedoman fundamental yang berperan dalam pembinaan moral prajurit serta pengikat mental dan semangat juang dalam pengabdian kepada TNI AL, bangsa dan negara.

Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Dien Mintoro Yulianto, para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Barat, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, Dirut Bank Mandiri, Dirut Bank BRI, Dirut Bank BNI, Dirut PT. Prawira Tata Pratama serta Kapolres Jakarta Utara.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.