Komandan Kodikdukum Kodiklatal Buka Pelatihan General Emergensy Life Suport

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal (Surabaya) – Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan Angkatan laut (Kodiklatal) Kolonel laut (T) Sa’ban Nur Subkhan secara resmi membuka Pelatihan General Emergerncy Life Support (Gels) TA 2019 yang diperuntukan Siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikes) Kodikdukum Kodiklatal.

Pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di Aula Pusdikkes Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut diikuti 30 Siswa Perwira Pusdikkes. Dari 30 Perwira peserta tersebut terdiri siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Kesehatan angkatan ke-17 dan siswa Pendidikan Pertama Kesehatan (Dikmapakes) angkatan ke-26.

Hadir dalam Pembukaan tersebut Komandan Pusdikkes Kolonel Laut (K) Kristanto, S.E., M.A.P, Para Kadep Kodikdukum dan para Komandan sekolah dilingkungan Pusdikkes Kodikdukum. Selain itu hadir pula para instruktur yang berasal dari Persatuan Dokter Ahli Emergency Seluruh Indonesia (Perdamsi).

Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel laut (T) Sa’ban Nur Subkhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran tentang General Emergerncy Life Support (Gels) yang harus dimiliki oleh siswa Korps Kesehatan, sehingga setelah mengikuti pelatihan ini para siswa diharapkan memiliki ketrampilan kedaruratan medis sebelum melaksanakan pelayanan dukungan kesehatan pada operasi dan latihan di lapangan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa seorang perwira TNI AL yang bertugas dibidang kesehatan haruslah memahami bahwa penugasannya nanti tidak hanya terbatas pada rumah sakit didarat saja melainkan bisa di kapal bantu rumah sakit seperti KRI dr. Suharso-990 atau pada saat operasi dan latihan-latihan yang digelar TNI AL.

Oleh karena itu, setelah menyelesaikan pelatihan ini para siswa hendaknya tetap belajar dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan dan memantapkan profesionalisme sebagai tenaga kesehatan baik tenaga medis maupun paramedis yang mampu berpikir secara konsepsional serta bertindak secara cepat dan tepat dalam menghadapi kasus kasus kegawat daruratan yang akan dijumpai didaerah latihan maupun di rumah sakit.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.