Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di SMK KAL-1 , “Wujudkan Siswa Berkarakter, Bersinergi Dengan Kompetensi“

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya –
649 siswa dan 90 Guru Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut / SMK KAL-1 Surabaya, Jum’at (15/11) menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H serta Seminar Motivasi Kompetensi Siswa yang di laksanakan di Gedung Olah Raga Wijaya Kusuma Kodiklatal Morokrembangan.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H menghadirkan Ustadz Oktav Fauzi, LC alumnus Al-Alhar Kairo dengan topik “ Be a real lover Muhammad Shallahu’alihi wa sallam” sementara pada sesi ke dua Seminar Motivasi Kompetensi Siswa menyampaikan topik “The Power of Dream” di sampaikan oleh Team siswa Garuda SMA Selamat Pagi Indonesia yang di motori oleh I Wayan Kartika.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si sengaja menggabungkan antara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Seminar Motivasi Kompetensi Siswa dengan maksud untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, yang ingin ia capai adalah “Focus dalam pendidikan berkarakter, Kita ingin manusia yang keluar dari system pendidikan kita itu berkarakter. Berkarakter berdasarkan kompetensi, jadi bukan hanya informasi. Tapi juga harus mempunyai skill” tuturnya. “ Keduanya harus ada relevansi, link and Macth soal industri dan pendidikan”pungkasnya. Lebih lanjut Kepsek SMK KAL-1 lebih menekankan agar seluruh siswa dapat mentauladani Rosullah SAW yang memiliki akhlak mulia, yaitu Sidiq, Amanah, Tabliq dan Fatonah. Sementara itu Ustadz Oktav yang kesehariannya selaku takmir masjid Cordoba Sidoarjo dalam kesempatan tersebut membawakan tema “ Be a real lover of Muhammad Shallahu’alahi wa sallam” . Tausiah yang ia sampaikan antara lain memberikan sebuah contoh akhlak / budi pekerti. “ Seorang raja yang tidak membangun istana, melainkan masjid sebagai basis pembangunan umat dan masyarakat. Ia tidak mengambil upeti dari rakyat untuk diri dan keluarganya. Melainkan ia hanya mewajibkan zakat dan jizyah. Ia senantiasa hidup sederhana, demikian pula orang-orang yang bersamanya. Dialah sebagai Rahmat bagi seluruh alam” paparnya.

Pada sesi berikutnya motivator I Wayan Kartika dari Garuda SMA Selamat Pagi Indonesia memberikan materi “ The Power of Dream” yang merupakan ajakan untuk berani memiliki impian dan pentingnya memiliki impian serta tahapan-tahapan yang harus dipersiapkan sejak duduk di bangku SMP maupun SMA. Kami ingin berbagi semangat kepada Generasi Anak Garuda Indonesia agar memiliki jiwa pemenang, tangguh, berani bermimpi besar dan menjadi manfaat dalam kehidupan, yaitu menjadi seorang Valuable Person. Karena impian adalah awal keberhasilan, dan impin memiliki Kekuatan yang Dahsyat.

Kedua kegiatan berlangsung mulai jam 07.00 hingga 10.30 sesuai dengan rancangan ketua panitia Waka Kesiswaan Drs Parman, M.Si bersama dengan Waka Kurikulum Munawar, S.Pd, Waka Sarpras Drs. Sukarno P.J, M.MT, Waka Humas Agus Kristanto, ST serta melibatkan guru dan karyawan SMK KAl-1 Surabaya. Penekanannya bahwa untuk seluruh siswa kelas X, XI dan XII wajib membuat resum baik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW maupun Seminar Motivasi Kompetensi Siswa yang akan menjadi nilai tambah bagi mata pelajaran Agama Islam.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : YHT/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.