Program Serasi Di Desa Pulau Tengah Sudah 80 Persen

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Program selamatkan Rawa Sejahterakan petani (serasi) yang di terima gabungan kelompok tani (gapoktan) Bina Sari telah terealisasi 80%. Minggu (24/11/2019).

Saat di temui media Jurnaline.com, Muhtadi ketua gapoktan bina sari menjelaskan program serasi yang di terima gapoktannya yakni berupa penggalian Saluran air dengan alat berat (eksavator) sepanjang 8100 meter dengan hamparan lahan sawah yang jadi lokasi realisasi program tersebut yakni seluas 190 hektar. ” Jelas muhtadi ”

“Ada 3 macam Penggalian saluran air nya, yakni saluran polder, tersier dan saluran kulter, saat ini galian itu sudah hampir selesai, tinggal sedikit lagi yang belum digali, mudah-mudahan seminggu lagi selesai. “Kata muhtadi ”

Lebih lanjut, panjang galian saluran porder 3100 meter, saluran Tersier 1000 meter dan saluran kulter 4000 meter, Selain itu, gapoktan Bina Sari juga membuat gorong-gorong 8 titik, mesin pompa 4 unit, pembuatan rumah mesin 4 unit, serta pembaharuan lahan (pembelian pupuk ganik)” Lanjut muhtadi.”

Untuk Perapihan galian saluran air kami pakai tenaga manual, orang-orang desa pulau tengah yang kami ajak kerja, sekali kerja kami pake 40 sampai 5
60 orang dan sejak di mulai kami selalu di pantau 2 anggota TNI setiap harinya, “lanjut muhtadi lagi.”

Mewakili 13 kelompok tani yang tergabung dalam gapokan Bina Sari muhtadi menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah di berikan oleh Kementerian pertanian RI, dan berharap kedepannya bantuan program serasi tersebut bisa bermanfaat untuk mempercepat musim tanam dan bisa menanggulangi Banjir saat musim hujan Serta meningkatkan kesejahteraan petani di desa pulau tengah.

” Kami ucapkan terima kasih pada kementerian pertanian RI, mudah-mudahan lahan sawah di wilayah kami bisa digarap dan panen dua kali dalam setahun saat musim hujan, banjir pun bisa di tanggulangi secara cepa, ” Pungkas muhtadi “.

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.