PWI Sulut Sukses Helat UKW Angkt.22 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Tim penguji Dewan Pers Pusat selama Dua hari bertempat di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara (Sulut), jalan sudirman manado melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan kepada sekitar 16 wartawan Boltim Sulawesi utara, sabtu (9/11/2019).

Usai mengikuti UKW, dari Hasil pengumuman yang dibacakan langsung oleh salah satu penguji Ismet Rauf menyebutkan, dari 16 peserta yang mengikuti UKW terdiri dari dua kelas : Jenjang muda diikuti 12 peserta, dan satu kelas jenjang madya diikuti 4 peserta, semuanya dinyatakan kompeten.

“Peserta ada 18 orang, 12 peserta kelas muda dan 6 peserta kelas madya, namun dua peserta kelas madya tidak ikut. Tapi alhamdulillah seratus persen dari hasil UKW semua kompeten, “ ujar Rauf usai penutupan UKW

Rauf yang merupakan jurnalis salah satu perusahan pers nasional, menambahkan sampai dengan saat ini UKW Persatuan Wartawan Indonesia Tingkat Nasional sudah yang ke 425 angkatan dengan Jumlah kompetensi pun sebanyak 11,367 wartawan.

“Menurutnya ditambah dengan UKW Prov.Sulut angkatan ke 22 sebanyak 16 wartawan, jadi total yang ada sekarang bertambah menjadi 11.383 wartawan, ” Imbuhnya

Senada dikatakan Ketua PWI Provinsi Sulawesi utara Drs Voucke Lontaan, mengaku terharu karena peserta dari Boltim yang ikut UKW semuanya kompeten.

“Saya terharu saat mendengar teman-teman PWI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kompeten semua, “ Jelasnya

Terpisah Ketua PWI Boltim, Faruk Langaru mengatakan, wartawan yang sudah dinyatakan kompeten melalui uji kompetensi dituntut untuk selalu menjaga kehormatan profesinya, “Bagi yang sudah kompeten, harus menjaga etika, “ tegas Langaru.

Lanjutnya Setiap anggota PWI yang sudah dinyatakan kompeten setelah menempuh UKW harus terpanggil untuk selalu bersikap dan bertindak profesional.

“Dengan bertindak profesional berarti anggota PWI tidak hanya menjaga marwah atau kehormatan profesi saja, tetapi sudah berkontribusi menjaga harga diri bangsa Indonesia, ” pungkasnya

Adapun peserta UKW madya, diikuti : Ketua PWI Boltim, Faruk Langaru, Sekertaris PWI Boltim Iskandar Zulkarnain, Ketua PWI Tomohon, John Paransi dan Ketua PWI Kotamobagu, Gunadi Mondo,untuk peserta UKW muda diantaranya : Hidayat Vay Lasambu, Gunawan Mamonto, Abdi Mokodongan, Mufid Faris Mokodompit, Yaman Igirisa, Syaban Korompot, Eco Mamangkai, Chindi Limo, Matt Rey Kartorejo, Agung Mokodompit, Rifky Palengkahu dan Hendra Kiu.

Penulis : Effendy Iskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.