Sersan Taruna Dzikri Nurfatih Santika AAL, Kelompok Terbaik LKMM-TL

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Sersan Taruna (T) Dzikri Nurfatih Santika dari Akademi Angkatan Laut (AAL) selaku salah satu Ketua Kelompok pada ajang Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL), dianugerahkan sebagai Kelompok Terbaik, yang berlangsung di Hotel Grand Dafam Signature, jalan Kayoon 4-10 Surabaya. Jumat (29/11).

Latihan yang terselenggara oleh Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti ini, diikuti oleh 40 Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan 4 Taruna dari AAL.

Sersan Taruna (T) Dzikri Nurfatih Santika, sebagai salah satu Ketua Kelompok yang juga pemapar pada Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut tersebut, didukung oleh beberapa anggota kelompok dari berbagai perguruan tinggi, yaitu Sefia Ambarwati dari STKIM Indonesia Banjarmasin, Dewa Ayu Purnamiasih dari Akademi Keperawatan Palu, Delviera Lukita Wardani dari Universitas Negeri Surabaya, Fajar Akbar Maulana dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Abdul Syawal dari Universitas Tadulako dan Ida Bagus Putu Mahendra dari Universitas Udayana.

Kepala Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kadep Iptek) AAL Kolonel Laut (P) Dr. Isworo Sutristyanto, M.A.P. dalam laporan tertulis ketika dikonfirmasi mengatakan, latihan kepemimpin ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 27 sampai dengan 29 November 2019 dan bertujuan untuk membekali Taruna AAL bersama Mahasiswa, dengan wawasan serta keterampilan mengelola opini publik atau wacana. Selain itu, untuk meningkatkan keterampilan manajemen dan berorganisasi. “Dengan keterampilan tersebut, diharapkan Taruna AAL bersama mahasiswa, tidak hanya menjadi pemimpin berwibawa, tetapi juga mempunyai kemampuan teknis, sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang”, ungkap Kadepiptek AAL.

Kadepiptek AAL juga mengatakan, bagi Taruna, diundang sebagai peserta kegiatan LKMM-TL adalah sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan manajemen dan berorganisasi, serta bekerja sama dan bersinergi dengan Mahasiswa dari seluruh Indonesia. “Diharapkan, Taruna tidak hanya menjadi pemimpin yang berwibawa, tetapi juga mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang”.

“Materi yang disampaikan pada kegiatan LKMM-TL ini, terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu Ekonomi, Pendidikan, Demokrasi, Humanitas, Globalisasi, Narkoba, Radikalisme, Terorisme, HAM, Politik dan Budaya”.

Ditambahkan, kegiatan LKMM-TL yang biasa diperuntukkan bagi para Mahasiswa semester III sampai dengan semester V, untuk membekali mereka dengan berbagai kesiapan dalam menghadapi semester-semester berikut yang lebih berat, dengan tugas-tugas intra dan ekstra kurikuler. Selain untuk membekali, juga didukung dengan kedisiplinan, manajemen diri dan kelompok, serta pengambilan keputusan dan kemampuan mengungkapkan gagasan-gagasan.

Menurut pantauan, pelatihan kepemimpinan Mahasiswa sebagai kader bangsa yang diikuti 4 Tarunia AAL dan 40 Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia ini, untuk 4 Taruna dari AAL, diikuti oleh Sersan Taruna (P) Dani C. Saing, Sersan Taruna (P) Hafidan Arsyi Antares, Sersan Taruna (P) Vania O. Simorangkir dan Sersan Taruna (T) Dzikri Nurfatih Santika, serta satu orang Perwira Pendamping Kapten Laut (KH) Andyseno I.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.