TNI AL Gelar Sarasehan Perwira Korps Khusus Wilayah Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal (Surabaya) – Dalam rangka membangun dan mengembangkan kualitas serta memelihara integritas Sumber Daya Manusia (SDM), TNI AL menggelar Sarasehan Perwira Korps Khusus Wilayah Surabaya di Gedung PTA, Koarmada II, Ujung, Surabaya (06/12).

Acara tersebut dibuka secara resmi Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. Hadir dalam acara tersebut Waaspers Kasal Laksma TNI Budhiyanto, Kadispsial dan Kadiskumal serta 270 perwira Korps Khusus wilayah Surabaya.

Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M dalam sambutan yang dibacakan Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP mengatakan bahwa kegiatan ini, merupakan yang kedua dilaksanakan di Surabaya dan perlu untuk terus dilaksanakan secara berlanjut dan berkesinambungan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa seiring dengan perkembangan Iptek serta tuntutan perkembangan lingkungan kerja yang dinamis dan senantiasa berubah, telah melahirkan berbagai tantangan pelaksanaan tugas yang tidak ringan.

Kodisi dinanamis tersebut di satu sisi merupakan konsekuensi logis yang bersifat positif, namun di sisi yang lain juga dapat berdampak terhadap kondisi mental psikologis para personel pengawaknya. Oleh karena itu, pembinaan personel menjadi suatu keharusan yang bersifat saling melengkapi dan bersinergi, sehingga diperoleh hasil pencapaian pelaksanaan tugas yang bersifat optimal.

Peningkatan kinerja tersebut sangat ditentukan oleh ketersediaan SDM yang memiliki kompetensi serta didukung dengan aspek spiritual yang kuat sebagai dasar di dalam bertindak. Oleh karena itu, peranan seorang perwira tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual yang dimilikinya, namun harus diimbangi oleh penguasaan soft skill yang lebih mengutamakan kemampuan interpersonal yang menyangkut kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain.

Terkait dengan hal itu, Pangkoarmada juga meyakini bahwa melalui berbagai jenjang pendidikan serta pengalaman tugas, para peserta terus berupaya untuk meningkatkan soft skill agar diperoleh keseimbangan yang selaras. Menurutnya Sarasehan ini sebagai momentum baru dalam kepemimpinan Bapak Aspers Kasal dan Kadiskumal selaku Pembina Korps Khusus untuk membangun dan mengembangkan soft skill yang berguna sebagai bekal dalam dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari, dirinya berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

Penulis : Fram
Editor : Virly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.