Kadis Kesehatan Dr Maya Rambitan M.Kes Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Mengantisipasi meningkatnya penyakit demam berdarah (DBD) diakibatkan oleh virus Dengue akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kesehatan Dr Maya Rambitan mengajak kepada masyarakat agar menjaga akan kebersihan lingkungan tempat tinggal, diantaranya dengan melakukan pencegahan maksimal dengan program 3M yaitu Menguras, Menutup, Mengubur.

Karenanya Untuk mencegah berkembangnya Nyamuk Aedes Aegypti, melihat memasuki musim penghujan, tak hanya berbicara soal akan bencana alam, namun juga hal lain yang harus diwaspadai diantaranya potensi penyebaran penyakit.

“Tiga point yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan masyarakt guna mencegah DBD, adalah menguras, menutup tempat penampungan air dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas.” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa, dr Maya Rambitan, Mkes.

Menurutnya pihak Dinkes bersama Puskesmas yang ada dikabupaten Minahasa untuk terus melakukan koordinasi dan rutin melakukan penyuluhan juga sosialisasi kepada masyarakat.

Menambahkan memahami Lima manfaat pencegahan dan perkembangbiakan nyamuk yaitu dengan cara memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan fentilasi, serta menaburkan bubuk larvasida pada penampung air. “Dengan 3M plus, bersama untuk mencegah penyebaran virus dengue (DBD)”. tandasnya

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.