Polda Banten, Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Bandang Lebak

Spread the love

Jurnalline.com, Lebak (Banten) – Menyikapi Curah Hujan yang intensitasnya tinggi, dan menimbulkan banjir di Kabupaten Lebak, Kapolda Banten Irjend Pol Drs. Tomsi Tohir, Msi telah mengerakkan Sat Brimob Polda Banten untuk turun bantu masyarakat yang terdampak banjir bandang di lebak, Rabu 1/01/2020.

Kapolda Banten Kerahkan 500 Personil
Dari Berbagai Satuan Kerja dan Direktorat. Yaitu Ditsamapta, Ditpolairud, Sat Brimob, Bid Dokkes, Bid Humas, polres Lebak, dan polres serang kabupaten.

Sedangkan untuk Sat Brimob ada sekitar 200 personil dari beberapa Batalyon Pelopor Brimob Polda Baten yang langsug tiba di lokasi bencana Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (1/1/2019) pukul 15.00 Wib. Para personel dipimpin oleh Danyon B Por Kompol Septiono.

Kapolda Banten Melalui Dansat Brimob, Kombes Pol Dedi Suryadi, S.I.K. menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Kapolres Lebak dan warga desa dan anggota Polres Lebak terkait musibah bencana banjir bandang. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi penanganan para korban banjir bersama TNI, Basarnas, BPBD dan Pemda.

“Dari hasil pemantauan, ada dua desa yang terisolir bencana banjir karena jembatan putus. Dua desa itu adalah Sukajaya dan Sukarame,” kata Kombes Dedi Suryadi, S.I.K.

Pihaknya segera melakukan langkah evakuasi terhadap para korban banjir dan melakukan pembersihan pada rumah-rumah yang terdampak banjir.

“Selain itu, kami juga kami juga sudah berkordinasi dengan unsur Babinsa dan Babinkantibmas setempat untuk menghimbau warga agar bersiap-siap dan mensiagakan bila ada perintah untuk melaksanakan evakuasi,” ujarnya.

Kapolda Banten Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si melalui Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi P SIK MH mengatakan bahwa secara Umum, Polda Banten telah menggerakan 500 personel untuk membantu korban banjir bandang di Lebak.

Para personel tersebut terdiri dari Sat Brimob, Dir Samapta, Dit Binmas, Dit Polairud, Bid Dokkes dan Bid Humas Polda Banten, dibawah kendali operasi Karo Ops Polda Banten. “Selain itu, kami juga telah mengirim sarana bantuan, tenda, perahu karet, mobil ambulance dan lainnya,” ujar Kombes Pol Edy Sumardi.

Menurutnya, di awal tahun ini berbagai musibah banjir terjadi di sejumlah wilayah. Pihaknya menghimbau kepada warga agar waspada dan selalu siaga sebagai antisipasi sewaktu-waktu terjadi bencana.

Kombes Pol Edy Sumardi juga meminta segenap masyarakat ikut berdoa agar musibah segera berlalu. “Kita doakan agar seluruh Tim Satgas Bencana Kab Lebak yang terdiri dari Polri, TNI, Basarnas, BPBD bisa dapat terus membantu masyarakat Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Penulis : Fram/Jon
Editor : Ndre
Sumber : Bidhms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.