Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2020 Di Teluk Amurang Minsel

Spread the love

Jurnalline.com, Minsel – Bertempat di Pantai I Love Minsel Jln. Boulevard Podang Amurang Kab. Minsel, telah dilaksanakan Upacara dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2020 yang diikuti oleh seluruh personil Lantamal VIII Manado.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lantamal VIII Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta. M. Mar. Stud., didampingi Bupati Minsel (Ibu Christiany Eugenia Paruntu) dan sebagai Danup Pasops Satrol Lantamal VIII (Letkol Laut (P) Lexi Dumais) dengan background KAL Tidung Selar dan KAL Tidung Naga Satrol Lantamal VIII. Rabu (15/01/2020).

Dalam Amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Irup Danlantamal VIII menyampaikan bahwa, pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

Sebagai prajurit laut, beliau menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban.

“Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut.” jelasnya

Lebih jauh dikatakan Danlantamal VIII Gig Jonias Mozes Sipasulta,bahwa Pertempuran yang kita hadapi saat ini l, adalah dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dimana tidak banyak berubah, namun hanya menunjukkan karakter situasi pertempuran yang berbeda.

Segala tantangan menyangkut batas laut teritorial negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya TNI Angkatan Laut dibutuhkan peran serta masyarakat dan media.

“Oleh sebab itu, nilai-nilai kejuangan Yos Sudarso dan pelaut-pelaut tersebut wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan.” pungkasnya

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu, Ziarah di TMP Amurang dan Anjangsana ke Pelaku Sejarah Pertempuran Laut Arafuru di Bitung, Bersih-bersih Pantai, Bhakti Kesehatan, Peresmian Tugu Persatuan KKO AL, Napak Tilas sejauh 4,5 KM, Demo Pendaratan oleh marinir, Pameran Alutsista, dan Panggung Hiburan prajurit. Dan untuk kali ini upacara dilaksanakan di dalam air dengan pasukan berdiri di sepanjang pantai teluk Amurang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud., Bupati Minsel Dr. Christiany Eugenia Tetty Paruntu, Wakil Bupati Minsel Frangky Wongkar SH, Wadan Lantamal VIII/Aspotmar Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Rumpoko, Aspers Danlantamal VIII Letkol Laut (KH) Dadan, Kepala Kejari Minsel (Bpk I Wayan Eka Miarta, SH.MH), Kapolres Minsel AKBP Bangun Widi Septo, SIK, jajaran Kepala SKPD/OPD Pemkab Minsel, para Asisten Danlantamal VIII, Kadis/Kasatker Lantamal VIII, Forkompinda Minsel, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama Lantamal VIII, dan Yonmarhanlan VIII serta tamu undangan.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre
Sumber : Dispenal VIII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.