Penting…. Kepsek Harus Miliki NUKS

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Beredar kabar bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) RI per tanggal 9 januari 2020 semua kepsek harus suda memiliki NUKS harus segera ditindaklanjuti oleh Pemda, jangan sampai jadi polemik.

Disampaikan narasumber media jurnalline.com sesuai aturan Kemendikbud bahwasanya Kepsek yang tidak memiliki sertifikat NUKS harus segera mengikuti Diklat Cakep, ini bertujuan agar para Kepsek nantinya boleh menjalankan tugas fungsi pendidikan di sekolahnya sesuai aturan.

“Untuk tahun 2020 tidak boleh ada kepala sekolah yang tidak memiliki NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah). Kalau dia tidak miliki sertifikat NUKS tentu tugas kepala sekolah imbasnya sangat besar sekali,” ungkapnya

Lanjutnya adapun dampak bagi kepsek yang tidak memiliki NUKS tidak bisa melakukan penginputan Dapodik untuk melakukan pembayaran dana bantuan operasional sekolah (BOS), menandatangani Raport Ijazah siswa, dll.

“Terkait banyaknya kepsek yang plt dan belum Definitif akibat belum memiliki NUKS, berharap Pemerintah Daerah memperhatikan hal ini dan secepatnya menyiapkan anggaran serta melaksanakan Diklat Cakep.” Tandasnya

Menurutnya hanya sebagai masukan untuk pemerintah daerah agar supaya memperhatikan hal ini dan boleh menyiapkan anggaran untuk dilaksanakan Diklat Cakep sebelum adanya pelantikan Kepsek yang akan bergulir.

“Pastinya dengan dilaksanakannya Diklat Cakep yang diikuti para kepala sekolah boleh menjalankan sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam mengaktualisasikan mutu pendikan berkualitas.” Pungkasnya

Menambahkan saat ini diera 4.0 Menteri Nadiem Makarim sangat berharap para Kepsek diseluruh Indonesia mampu menguasai bidang IT sehingga boleh kerja cerdas kerja iklas dan kerja cepat.

Sementara itu hasil investigasi wartawan banyak Kepala Sekolah yang bertahun tahun Pelaksana Tugas (Plt) tidak didefinitifkan karena belum memiliki NUKS yang menjadi satu prasyarat Kepsek Unggul Berkualitas.

Penulis : EffendyV.Iskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.