BPS Kab.Minahasa Gelar Diskusi Bersama Wartawan Minahasa Sukseskan SP2020

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten.Minahasa, kamis (05/03/2020) melaksanakan diskusi bersama para kuli tinta yang ada di kabupaten minahasa mengangkat tema :
Forum Wartawan Sensus Penduduk tahun 2020 #Mencatat Indonesia.

Acara Sosialisasi dan Diskusi ini dipimpin oleh Kepala Badan Pusat Statistik Daerah Kab. Minahasa Leopord Richard Rawung, SE, bersama Kadis Kominfo Kab.Minahasa Agustivo Tumundo.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, Agar peran kuli tinta sebagai pengumpul informasi dapat dan terus mensosialisasikan kepada masyarakat akan program nasional ini, sabab BPS kab.minahasa tidak bisa kerja sendiri tanpa mengandeng Jurnalis Berita dan sosialisasi terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, pemahaman, dukungan, dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

Merupakan Langkah penting pewujudan Satu Data Kependudukan Indonesia Sensus Penduduk Online (SP Online) mulai dilaksanakan pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020, sementara Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021.

Angka Kemiskinan Yang Dihasilkan BPS merupakan angka kemiskinan makro (agregat), dimana estetensinya hanya sampai level kabupaten, dihasilkan dari hasil survey sosial ekonomi nasional (SUSENAS).

Disampaikan Leopord Richard Rawung, SE, hingga pukul 00.00wita malam tadi jumlah yang telah memberikan data yakni : 1723 kk,
Adapun dari SP BPS angka Garis kemiskinan dan jumlah penduduk miskin dari tahun ketahun, adalah :

Tahun 2014 27.83persen dari 217891_
Tahun 2015 28.88persen dari 234223_
Tahun 2016 27.64persen dari 249223_
Tahun 2017 26.34persen dari 255535_
Tahun 2018 24.49persen dari 261388_ dan Tahun 2019 24.32persen dari 275444_

“Karenanya melalui kegiatan #Sensus Penduduk Mencatat Indonesia tahun 2020 adalah agar masyarakat maupun petani yang ada di kabupaten minahasa tentu diharapkan mampu menggunakan teknologi dalam hal pengisian SP2020, sehingga Pengisian SPMI tahun 2020 mencapai 100%.” Ucap Leopord Richard Rawung, SE, (Kepala BPS Kab.Minahasa).

Berikut Cara Isian Sensus Penduduk via Online2020 di Sensus.go.id :

Sebelum melakukan pengisian online, penduduk perlu menyiapkan dua dokumen yakni Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Masuk ke laman sensus. bps.go.id untuk mengakses laman Sensus Penduduk Online 2020.
Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)
Klik kotak kosong pada captcha lalu klik “Cek Keberadaan”
Jika baru pertama kali melakukan akses pada Sensus Penduduk Online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik “Buat Password”
Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik “Masuk”
Bacalah panduan awal mengenai pengisian sensus, lalu klik “Mulai Mengisi”
Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya
Pada halaman pertama akan diminta mengisikan alamat tinggal keluarga saat ini, seperti provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, RT/RW dan nama jalan dan nomor rumah.

Halaman selanjutnya akan diminta untuk mengisikan keterangan data mengenai kondisi tempat tinggal saat ini.
Tahap selanjutnya, diminta mengisikan data keluarga satu persatu berurutan dimulai dari kepala keluarga, istri, anak atau anggota lainnya.
Isi data tentang aktivitas sehari-hari Jika semua pertanyaan sudah diisi, klik tombol “Kirim”.

Setelah selesai Unduh lalu kirimkan bukti pengisian pada email pribadi yang aktif dengan terlebih dahulu mengisikan alamat email pada kolom yang disediakan.
Selain kedua dokumen itu, BPS menyarankan agar menyiapkan dokumen lain seperti buku nikah, dokumen cerai, surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.

Penambahan anggota keluarga baru dapat dilakukan pada halaman “Daftar Anggota Keluarga” pada kolom paling bawah pada list nama anggota keluarga dengan mengetikan nama anggota keluarga yang ingin ditambahkan.

Penulis : EffendyV.Iskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.