Musim Penghujan, Kapolsek Cikande Himbau Pengendara Waspada Jalan Licin Saat Hujan Turun

Spread the love

Jurnalline.com, Cikande Serang (Banten) – Memasuki musim penghujan bentuk kepeduliannya kepada masyarakat Kapolsek Cikande Kompol. M. Ridzky Salatun. S.IK. rutin melakukan himbauan kepada masyarakat, khususnya pengendara sepeda motor agar lebih berhati-hati dalam berkendara, Cikande, Sabtu (07/03/2020).

Kapolsek Cikande, mengingatkan kepada pengendara agar waspada jalan licin saat hujan turun. Sebab, hujan yang turun menyebabkan roda kendaraan rentan tergelincir dan sewaktu-waktu saat menginjak pedal rem tidak berpungsi maksimal pada jalanan yang basah.

“Jangan memacu kecepatan kendaraan saat hujan turun. Kalau tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan karena hujan yang deras lebih baik berteduh dahulu,” katanya kepada awak media, Sabtu (7/3)

Menurut Ridzky, apabila pengendara tetap memaksa harus jalan, sebaiknya menggunakan mantel yang bentuknya setelan baju dan celana. Menggunakan jas hujan tak bisa dilakukan sembarangan oleh pemotor. Bila salah, risikonya adalah kecelakaan fatal yang bisa menimbulkan korban jiwa.

“Jangan menggunakan mantel hujan bentuk ponco atau Batman, karena berisiko masuk ke jari-jari atau rantai yang dapat menyebabkan kecelakaan. Ini pernah terjadi,” ujarnya.

Ridzky menambahkan tidak hanya harus hati-hati saat berkendara, mengecek terlebih dahulu kendaraan anda saat berkendara juga sangat diperlukan, khususnya kondisi ban motor.

“Kalau cuman hati-hati tapi tak dilihat ternyata ban motor sudah botak atau rem mobil ternyata sudah harus diservis, Nah ini kan juga sangat penting bagi pengendara sebelum mengendarai kendaraannya,” tandasnya.

Selain itu, Ridzky meminta “Kepada masyarakat untuk tidak mendahului kendaraan dari sebelah kiri bisa berakibat fatal, Sudah sering terjadi kecelakaan jika ada kendaraan yang mendahului dari sebelah kiri dan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, bawa kelengkapan surat kendaraan anda, taati, patuhi rambu-rambu lalulintas demi keselamatan diri anda dan penguna jalan lain.”tutup Kapolsek.

Penulis : Jon
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.