Pangoarmada III : Tingkatkan Kemampuan Deteksi Dini Dan Cegah Dini Serta Daya Tangkal Yang Kuat

Spread the love

Jurnalline.com, Sorong –
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menegaskan kepada segenap prajurit Koarmada III dan jajaran, khususnya personel intelijen agar senantiasa meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan deteksi dini dan cegah dini serta meningkatkan daya tangkal yang kuat dalam rangka menanggulangi setiap bentuk kerawanan aspek maritim di seluruh wilayah yurisdiksi Indonesia.

Spektrum ancaman ke depan diperkirakan dalam bentuk perang asimetris, proxy dan hybrid oleh negara-negara tertentu terhadap Indonesia. Untuk menghadapi ancaman nyata tersebut, personel intelijen TNI, dalam hal ini Intelijen Koarmada III dan jajaran dituntut memiliki kemampuan deteksi dini dan cegah dini untuk mengantisipasi dan meredam berbagai bentuk ancaman, tegas Pangkoarmada III dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Intelijen Pangkoarmada III Kolonel Laut (E) Yudhi Mardhiyono pada acara pembukaan Rakernis Intelijen Koarmada III di Markas Panglima Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi Kota Sorong, Papua Barat, Senin (9/3/2020).

Selain kemampuan perorangan maupun tim, lanjut Pangkoarmada III, bahwa insan intelijen juga dituntut memiliki loyalitas dan ketaatan kepada perintah atasan agar terbentuk soliditas tim dan interoperabilitas serta sinergitas antar satuan intelijen TNI, TNI AL dan sejumlah instansi lainnya. Kedepankan komunikasi serta koordinasi lintas fungsi atau organisasi untuk saling sharing informasi guna pencapaian tugas dapat berjalan secara efektif sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten Intelijen Panglima TNI Mayjen TNI Andjar Wiratma dalam sambutan tertulis yang dibacakan Paban I Ren Sintel Mabes TNI, Kolonel Laut (T) Syamsul Bachri antara lain mengatakan bahwa untuk mewujudkan kesiapan satuan dan personel dalam melaksanakan operasi intelmar agar dapat berhasil guna dan berdaya guna, perlu diselenggarakan berbagai latihan sebagai upaya untuk mengasah naluri intelijen, me-refresh kembali dan meningkatkan teknik-teknik intelijen baik dalam bentuk tim maupun perorangan serta menumbuhkan kebersamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam pelaksanaan tugas.

Rakernis Intelijen yang diselenggarakan Sintel Koarmada III ini diikuti segenap personel Sintel Koarmada III selama dua hari dengan narasumber berbagai pihak, antara lain Paban III Intelmar Spamal Kolonel Laut (E) Ibnu Anas dan pemateri terkait lainnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.