Satgas Penanggulangan Covid-19 Koarmada III Edukasi Masyarakat

Spread the love

Jurnalline.com, Sorong – Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III yang dipimpin Asisten Operasi Pangkoarmada III, Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas selama sepekan di lapangan apel Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Selasa (31/3).

Hasil evaluasi tersebut antara lain meningkatkan koordinasi Satgas Pencegahan Covid-19 Kota dan Kabupaten Sorong serta Satgas Pencegahan Covid-19 Provinsi Papua Barat, penerapan “Social Distancing” dan “Physical Distancing” kepada seluruh prajurit, sosialisasi secara persuasif kedua hal tersebut kepada keluarga besar Koarmada III dan masyarakat, dan meningkatkan kegiatan yang mengedukasi masyarakat.

Dalam mengedukasi keluarga besar Koarmada III dan masyarakat, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III menggunakan berbagai media, yaitu pengeras suara di komplek-kemplek dan penerangan mobil, brosur, media online dan media massa. Materi edukasi diawali pentingnya “Social Distancing” dan “Physical Distancing, pandun mengisolasi diri, meningkatkan kekebalan tubuh, tips mengurangi risiko tertular Covid-19, cara memakai masker yang benar, tips mengenali dan mencegah Covid-19, dan bersihkan semua permukaan dengan disinfektan serta berbagai protocol lainnya.

Selanjutnya, Satgas Penanggulangan Covid-19 Koarmada III melaksanakan patroli di beberapa komplek TNI AL dan sekitarnya untuk menghimbau dan menyampaikan kepada keluarga besar TNI AL dan masyarakat agar tetap berada di rumah masing-masing, kecuali untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dan harus memakai masker dengan baik dan benar. Satgas secara bergantian memberikan edukasi kepada masyarakat meskipun berada di dalam rumah masing-masing, sementara yang masih berada di ruang publik diminta secara persuasif sehingga menyadari pentingnya hal tersebut untuk ditaati dan dilaksanakan.

Menurut Komandan Satgas Covid-19 Koarmada lll, bahwa Koarmada III serta Lantamal dan Lanal jajaran juga menyiapkan Rencana Operasi Perbantuan kepada Gugus Tugas Daerah Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, menyiapkan petugas medis, Alutsista & Fasilitas Kesehatan untuk membantu Pemda dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19. Selain itu, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III juga aktif berkoordinasi dengan Gugus tugas Covid Daerah untuk mengatasi dan mencegah wabah Corona di Papua dan Papua Barat, mengupayakan dukungan logistik berupa APD & Alkes ke Mabesal & Mabes TNI.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.