Arie Candra Aziz, SH, MH : Foto Bupati Pada Box Bantuan Adalah Strategi Komunikas Pemimpin

Spread the love

Jurnalline.com, Kab.Bekasi – Pro dan kontra dalam gaya atau style seorang pemimpin adalah hal yang lumrah dan dinamis di era demokrasi dan turba ( turun kebawah).

Namun tentu saja keingin dekatan pemimpin dengan rakyatnya terbatas oleh jarak, kesempatan dan waktu, sehingga berbagai metode dan carapun di lakukan oleh pemimpin untuk menyampaikan sebuah pesan kepada rakyatnya, terutama kepala daerah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh Bupati Kab Bekasi H. Eka Supria Atmaja SH, untuk menyapa warganya di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna penanganan wabah Corona, Bupati menaruh fotonya sebagai simbol komunikasi bahwa Bupati turut hadir dan peduli dengan rakyatnya yang terdampak ekonomi dan sosial akibat covid 19.

Lewat paket sembako yang bertempelkan foto Bupati Bekasi berseragam dinas lengkap, H. Eka seperti hendak menjalin komunikasi terhadap warganya yang terdampak Covid 19.

Salah satu pengamat Sosial dan Ekonomi Ketua Umum Watch Relation Of Corruption Pengawas Aset Negara, PAN RI, Arie Candra Aziz, SH, MH berkomentar, bahwa hal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah sangat tepat menempelkan foto Bupati Bekasi dengan posisi sedang menyapa warganya, sebagai simbol dan bukti kepedulian Pemerintah kepada rakyatnya.

“Saya menilai hal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah tepat dan sangat cerdas,” komentar Ketua Umum Watch Relation Of Corruption Pengawas Aset Negara, PAN RI, Arie Candra Aziz, SH, MH saat dihubungi wartawan via seluler, Kamis (23/04/2020).

Menurut sosok yang pernah diusulkan menjadi komisioner KPK ini, penempelan sticker Bupati pada paket sembako untuk masyarakat, merupakan strategi komunikasi yang dibangun Bupati terhadap warganya di tengah pandemi Covid 19.

“Terlebih dengan pemberlakuan PSBB, maka aktivitas semua orang menjadi terbatas, dan termasuk pembatasan kegiatan Bupati menemui warganya. Namun, di sisi lain Bupati pun harus bisa menangani penyebaran virus Covid 19 di wilayah yang dia pimpin, harus bisa komunikasi dan menenangkan warganya dan harus bisa mengatasi segala permasalahan yang timbul akibat pemberlakuan social distancing ini,” terang Arie.

Dalam kaitan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi dianggap telah berhasil dan mampu mengatasi tiga permasalahan sekaligus dengan cara yang sangat sederhana.

“Saya merekomendasikan penempelan sticker bergambar kepala daerah ini di setiap paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid 19, dan bila perlu semua kepala daerah melakukan hal yang sama, sehingga masyarakat merasakan adanya bentuk perhatian dari pemimpin mereka,” saran Arie.

Penulis : Khnza
Editor : Ndre
Sumber : Imo Kab.Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.