Pembekalan 250 Relawan yang Siap Diterjunkan sebagai Tenaga Perawat di RS Darurat Wisma Atlet

Spread the love

Jurnalline.com, RSD Wisma Atlet (Kemayoran) – Sebanyak 250 orang relawan siap diterjunkan untuk menjadi tenaga perawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Relawan ini akan menambah kekuatan tenaga medis di RS Wisma Atlet yang kondisinya semakin banyak dalam menampung pasien baik yang bersatus positif Covid-19, ODP maupun PDP.

Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Penanggulangan Covid-19 di RS Wisma Atlet, Brigjen TNI M. Saleh menyampaikan bahwa relawan ini adalah para personel yang telah diseleksi oleh pihak Kemenkes untuk disiapkan menjadi tenaga perawat, yang berasal dari berbagai sumber baik dari TNI, Polri, Poltekes maupun perorangan. “Saat ini mereka sudah berada di RS Wisma Atlet dan masih dalam proses menerima pembekalan-pembekalan sebelum melaksanakan tugasnya,” jelas Brigjen TNI M. Saleh, Jumat (3/4/2020).

Hal ini dibenarkan oleh Letkol Ckm Hendik Wicaksono, S.Kep., Ns., M.Kes, selaku koordinator medis di RS Darurat Wisma Atlet, yang mengatakan bahwa walaupun sebelumnya telah menerima pembekalan dari PPI Kemenkes RI, namun sebelum terjun langsung menangani pasien di zona merah RS Wisma Atlet, mereka tetap diberi pembekalan-pembekalan. “Materi yang diberikan antara lain prosedur pemakaian dan pelepasan APD, cara penggunaan alat rapid test, dan prosedur-prosedur lain yang dianggap perlu”, ujarnya.

Selain itu dari petugas RS Wisma Atlet, para relawan ini juga menerima pembekalan dari pihak lain. Seperti kegiatan hari ini dimana 3 orang perwakilan dari PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Pusat dan PPNI DPD Jakarta Pusat turut memberikan pembekalan. Bpk Nana Supriyatna dari PPNI Pusat mengatakan : “Kedatangan kami adalah untuk memberikan motivasi, semangat kepada petugas kesehatan (perawat) dan agar menjaga kesehatan pribadi di dalam menjalankan tugasnya.”

Pada hari ini pula para relawan yang akan bertugas sebagai tenaga perawat tersebut akan menerima briefing terakhir dari koordinator medis RS Darurat Wisma Atlet Letkol Ckm Hendik Wicaksono, S.Kep., Ns., M.Kes, yang akan dilanjutkan dengan kegiatan pembagian tugas secara teknis oleh Kapten Kes Peppy Y Setiawan, S.Kep. untuk selanjutnya bergabung dengan petugas lain yang telah melaksanakan tugasnya di RS Darurat Wisma Atlet.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.