RSD Wisma Atlet Kemayoran Siaga Menangani Covid 19

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – RSD Wisma Alet Kemayoran Siaga Menangani covid-19 Kemayoran Jakarta Pusat. ​Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet kemayoran merupakan rumah sakit bentukan yang berada dibawah Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) khusus menangani pasien virus korona covid-19.

Kogasgabpad merupakan gabungan dari beberapa lembaga ( TNI, POLRI dan lima Kementerian) bergabung menjadi satu kesatuan untuk bekerja sama menangani pasien Covid-19, Satgas ini langsung dipimpin oleh Panglima Kogasgabpad Mayjen TNI Eko Margiyoyo dengan dibantu Tiga Wakil Panglima Kogasgabpad yaitu Brigjen TNI M. Saleh Mustafa, Brigjen Pol Hendro Pandowo dan Bpk Dendi Tegar Daninto. (Rabu 8 April 2020).

Organisasi ini tersusun dengan sedemikian rupa sehingga setiap pelaksanaan tugasnya tidak terdapat tumpang tindih dengan fungsi masing – masing kelembagaan. Para dokter dan tenaga relawan medis berada dibawah pimpinan Kepala Puskes TNI Mayor Jenderal TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B., Fina Cs., M.Si. dan pelaksana lapangan Brigjen TNI Agung sebagai garda terdepan dalam penanganan covid-19, selalu siap siaga 1 x 24 jam tak mengenal lelah menangani pasien dari berbagai usia dan kalangan masyarakat, kesabaran dan pelayanan terbaik serta selalu memberikan semangat, pasien merupakan kunci sukses bagi para tenaga medisuntuk kesembuhan di RSD Wisma Atlet Kemayoran. Walaupun jumlah pasien positif covid 19, ODP dan PDP setiap hari jumlahnya naik turun namun tidak sedikit pasien yang diperbolehkan kembali dan dinyatakan negative dari Covid-19.

Pos Komando dibawah Kolonel Inf Prabowo Setiaji mencakupi berbagai bidang staf siap mendukung seluruh kegiatan agar dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar. Tak kalah penting dapur umum juga berperan aktif guna mendukung logistik bagi pasien, tenaga medis maupun personel pendukung lainya untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imun).“ Tetap semangat dalam bekerja, jaga kesehatan, kebersihan dan jaga jarak selama di wisma atlet ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tegas Kolonel Inf Prabowo Setiaji.

Satgas pengamanan yang terdiri diri dari TNI, Polri dan unsur kelembagaan lain juga tidak luput setiap saat mengawasi lalu lintas orang  dan kendaraan yang keluar masuk ke dan dari wisma dengan pengecekan ketat, bagi pasien masuk melalui jalur khusus yang disebut dengan zona merah dan bagi non pasien melalui pintu zona hijau (aman).

Demikian sekilas suasana kesibukan yang  dilaksanakan oleh Komando tugas gabungan terpadu operasi penanganan pasien covid-19 wisma atlet kemayoran (Kogasgabpad), semoga Pendemi ini segera berlalu dan kita dapat bersama – sama kembali membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini untuk mencapai Indonesia Maju.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.