Gubernur Sulut Apresiasi Bupati ROR Wabup RD Fasilitasi Lahan pemakaman Jenazah Covid-19

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokembey, apresiasi dan merespon postif langka antisipasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati DR Ir Royke Octavian Roring MSI IPU Asean Eng. dan Wabup DR Robby Dondokambey SSI MM (R3D), dalam rangka menyiapkan Lahan pemakaman Jenazah Covid-19.

Dimana salah satu lokasi lahan Pemprov Sulut yang berada di Desa Kalasey, Kecamatan Mandolang, diusulkan untuk menjadi lahan pemakaman Covid-19.

Sebelumnya, Jumat (01/05/2020) kemarin, Gubernur Olly bersama Sekprov Edwin Silangen, telah mengundang Bupati ROR, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR. Denny Mangala dan Camat Mandolang Jhon Kapoh, untuk membahas lahan pemakaman tersebut.

Usai pertemuan, Gubernur Olly langsung menugaskan Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov, Edison Humiang bersama Kadis Permukiman Sulut didampingi Pemerintah Desa Kalasey Dua bersama perangkat, melakukan peninjauan lahan yang akan dihibahkan ke Pemkab Minahasa untuk dijadikan lokasi pemakaman Covid-19.

Sementara itu, Bupati ROR berharap semoga tidak ada lagi yang meninggal akibat Covid-19 di Minahasa.

“Untuk status lahan pemakaman masih sementara dikoordinasikan lagi, karena lahan tersebut adalah hibah,” tukasnya

Menurut Bupati RO. Roring, lahan yang dimaksud akan dijadikan tempat pemakaman umum untuk wilayah Tateli Raya, Kalasey Raya dan Sea Raya bahkan penduduk daerah sekitar yang sulit memperoleh lahan pekuburan.

“Namun tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten,” terangnya

Bupati juga menyampaikan bahwa lahan pemakaman dimaksud akan diupayakan untuk tetap mempertimbangkan jarak dengan pemukiman warga Kalasey. Karena saat ini direncanakan akan dilakukan pengembangan pemukiman.
Disamping itu, lokasi pemakaman tersebut akan ditata sedemikian rupa agar tetap kelihatan rapi dan indah serta mengikuti tata pemakaman modern.

Dimana dalam lokasi pemakaman tersebut akan dibuatkan jalan minimal 9 meter dilengkapi dengan akses jalan di masing-masing blok.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Minahasa, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Provinsi, dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah memberikan dukungan melalui hibah atau tidak berupa hibah lahan Pemprov untuk lokasi pemakaman di wilayah Kalasey,” tandas Bupati ROR

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.