Hingga Kamis Sore GOR Pasar Minggu Telah Menerima 19 PMKS Terdampak Virus Covid-19 Di Jakarta Selatan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Gelanggang Olah Raga (GOR) Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang di jadikan tempat penampungan tunawisma atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), terdampak Pandemi Virus Covid-19, hingga Kamis sore 30 April 2020 telah menerima 19 orang PMKS yang terdampak dari Pandemi Virus Covid-19.

Sebanyak 19 orang tuna wisma atau PMKS yang terjaring oleh patroli petugas di lapangan di bawa ke GOR Pasar Minggu, untuk ditampung sementara. “Sudah mendapat laporan dari petugas yang piket disana, sampai sore ini sudah 19 PMKS, “kata Kasudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan Djafar Muchlisin, S.Sos M.Si.

Kasudin juga menrinci dari ke 19 PMKS yang terjaring razia petugas pada hari ini Kamis 30 April 2020, hanya 10 orang PMKS yang tinggal di Barak, dan yang 9 PMKS lainnya telah di jemput oleh pihak keluarga.

Kasudin juga menegaskan, sebelum masuk ke Penampungan PMKS tersebut sudah terlebih dahulu menjalani tes cepat deteksi COVID-19. Para tunawisma tersebut berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Gelandangan, Pengemis, Pengamen, Anak jalanan, dan lain sebagainya.

Selama berada di penampungan, lanjut Kasudin, para tunawisma diberikan sosialisasi tentang pencegahan COVID-19, meminta mereka untuk kembali ke rumah masing masing.

“Nanti akan dilakukan verifikasi, lebih jauhnya nanti semacam sosial atau kriteria dari PMKS itu sendiri. Misalnya ada orang Jakarta, nanti ada prosedur tertentunya, “kata Kasudin.

Ia mencontohkan, jika pihak keluarga tuna wisma tersebut berjanji untuk tidak lagi berada dijalan, apalagi ditengah kondisi Pandemi Covid-19, bisa di jemput oleh keluarganya. “Kalau diluar Jakarta, mereka berada di GOR itu dulu sementara waktu, “katanya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, telah memerintahkan agar seluruh pemerintah kota, menggunakan GOR untuk menampung PMKS.

Penulis : Khanza
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.