Danramil 42/MP Melaksanakan Komunikasi Sosial Dengan Masyarakat TA 2020

Spread the love

Jurnalline.com Jakarta – Koramil 42/Mampang Prapatan Kodim 0504/Jakarta Selatan menggelar Komunikasi Sosial dengan komponen masyarakat, Danramil 42/Mampang Prapatan Mayor Arh Slamet membuka langsung kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Koramil 43 Triwulan I TA. 2020 dilaksanakan di SMPN 43, Jl. Kapten Tsndean No.11, RT. 01, RW. 03, Kelurahan Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat(19/6/2020), pukul. 20.00 Wib.

Giat tersebut dipimpin oleh Danramil 02/Mampang Prapatan Mayor Arh Slamet dihadiri para Babinsa, Tokoh Masyarakat(Tomas), Tokoh Agama(Toga), LMK, RW, RT dan FKDM serta Mitra Jaya 02/Mampang Prapatan, dengan tema “Tantang Membangun Negeri Menperkokoh Persatuan dan Kesatuan dalam Rangka Percepatan Penangan COVID-19”

Dalam sambutannya, Dandim 42/MP Mayor Arh Slamet menyampaikan Terima Kasih kepada masyarakat, Tomas, Toga, LMK, RW, RT, dan FKDM serta Mitra Koramil yang sudah bersedia hadir dalam kegiatan Komsos ini. Tujuan dari Komsos, yaitu untuk menjaga tali silaturahmi antara prajurit Koramil dengan komponen masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Mampang Prapatan.

“Hal ini tentu menjadi sangat penting, dalam membantu kesulitan yang melanda masyarakat,” tuturnya.

Masih kata Danramil 42/MP, bahwa kondisi bangsa saat ini sedang mengalami pandemi Covid-19, jangan menganggap remeh Covid-19 karena besar sekali kemungkinan kita terpapar virus. Untuk itu kita harus tetap patuh pada protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

“Patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau membawa handsanitazer, menjaga jarak, makan makanan yang bergizi, rajin olahraga, dan istirahat yang cukup,” ucapnya.

Sudah menjadi pertimbangan yang matang oleh Pemerintah dengan melaksanakan tatanan normal baru atau new normal sudah tepat, dengan tujuan kita dapat beradaptasi menuju masyarakat yang aman dan produktif.

Ia menambahkan, pada sistem pertahanan, TNI sebagai tumpuan pertahanan dalam upaya yang efisien adalah dengan melakukan pembinaan teritorial. Oleh karena itu kemanunggalan TNI dan rakyat tidak dapat dipisahkan.

Danramil 42 / MP juga menyampaikan peran besar yang sudah terjalin selama ini antara Koramil 02/MP melalui Babinsa dengan masyarakat khususnya Tomas, Toga, LMK, RW, RT, FKDM dan Mitra Jaya Koramil 02/MP dalam kegiatan kewilayahan khususnya pada saat ini ketika kita sedang mengahadapi wabah virus Covid 19. Koramil dan Babinsa tidak akan dapat berbuat banyak tanpa peran serta masyarakat dalam menangani masalah kewilayahan khususnya dalam masa pandemi covid 19 saat ini,” jelas Mayor Arh Slamet.

Pelda Dalmuji dalam penjabarannya menyampaikan sejarah terbentuknya babinsa, juga menjelaskan tingkatan dalam TNI Angkatan Darat dalam Pembinaan Petahanan Wilayah mulai Kodam, Korem, Kodim, Koramil, Babinsa sampai penjelasan tentang Mitra Babinsa.

“Penting disampaikan krn selama ini banyak masyarakat belum mengerti fungsi pokok Koramil khususnya Babinsa dalam Pembinaan Pertahanan Kewilayahan dan bagaimana peran Mitra Babinsa dalam membantu babinsa melaksanakan fungsi tersebut”.

Dalam Komsos tersebut juga dilaksanakan tanya jawab sebagai pendalaman materi komsos

Selanjutanya pemberian Penghargaan oleh Danramil 02 Mayor Arh. Slamet kepada Mitra Jaya 02/ Mampang diterima oleh Ketua Mitra Jaya Ahmad Fauji atas Bakti kegiatan kewilayahan Mitra Jaya 02 / MP selama ini.

Khnza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.