Pencanangan Desa Mapalus Mantap Siaga Covid-19, Lucky Kasenda : Mari Terus Berdaya Dalam Kemandirian

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Bantuan Dana stimulan puluhan juta yang bersumber dari bidang lima bagian penguatan ketahanan pangan di Dana Desa, kami dari Pemerintah Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat berupaya memberdayakan masyarakat usia produktif pada bidang pertanian dimasa pandemi Covid-19.

“Hal ini dilakukan kepada warga masyarakatnya sehingga boleh tersentuh lewat bantuan yang bersumber dari Dana Desa,”
Ujar Humtua Desa Kanonang Satu Luki Kasenda usai kegiatan Pencanangan Wanua Desa Mantap Covid-19 Kamis, (02/07/2020).

Atas nama Pemerintah Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat memberdayakan masyarakat berusia produktif untuk bertani, lewat dana stimulan agar tidak digunakan dan habis begitu saja, melainkan diberdayakan untuk modal bertani sehingga menghasilkan untuk peningkatan taraf ekonomi keluarga, salah satu tujuan untuk adalah untuk ketahanan pangan.

Selanjutnya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa terdampak Covid-19, dari hasil musyawarah diperuntukan hanya kepada Lansia, memiliki sakit menahun, dan Disibilitas.

“Kepada masyarakat usia produktif, kami rangsang mereka dengan dana stimulan digunakan sebagai modal dalam bertani.” tambah Kasenda

Diketahui dari jumlah 95 orang masyarakat muda produktif kami berikan rangsangan bantuan stimulan karena kurang penghasilan.

“Mereka yang dibagi dalam 5 kelompok bertani, untuk menggarap lahan bercocok tanam dengan beberapa komoditi pertanian, seperti menanam cabe, tomat, bawang mewah.

“Masing-masing orang kami bantu Rp 1,5 juta. jadi kalau dalam satu kelompok terdapat 20 orang akan ada dana Rp 30 juta untuk modal usaha bertani. Nah…. Hasil keuntungan inilah buat mereka masyarakat bertani nanti,” tandasnya

Menurut Hukum Tua Lucky kasenda kami lakukan semata mata untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa, ditengah situasi sulit dimasa pandemi COVID-19, masyarakat jangan pernah menyerah, melainkan produktif dan bertani untuk ketahanan pangan agar tidak kesulitan pangan, utamanya bagi diri kita dan keluarga.

Sebelumnya Bupati Minahasa Dr.Ir Royke Octavian Roring M.Si, mengaresiasi langkah inovasi yang dilakukan Kumtua Kanonang Satu ini ketika dirinya berkunjung untuk mencanangkan Desa Kanonang Satu sebagai “Desa Mapalus Mantap COVID-19”.

Langkah dari Pemerintah Desa Kanonang Satu ini dalam memberdayakan masyarakat usia produktif dengan rangsangan dana stimulan, sangatlah bijak, tepat, dan patut dicontoh.

“Pemerintah mengapresiasi akan hal ini, sebab masyarakat yang diberdayakan ini tidak hanya menggunakan uang bantuan dan langsung habis begitu saja, melainkan bisa menggunakan uang tersebut sebagai modal usaha bertani, yang nantinya akan mendapatkan keuntungan untuk dinikmati setelah panen nanti,” imbuh Bupati ROR

Lanjutnya Mudah-mudahan apa yang dilakukan Kumtua, Perangkat Desa dan masyarakat Kanonang Satu, menjadi contoh bagi 269 Desa yang lain di Minahasa,

“Bantuan dari Pemerintah ini dapat digunakan dan tepat sasaran, yaitu menjadi modal usaha yang dikelolah melalui kelompok-kelompok yang dibentuk, dan semua menuai hasil yang memuaskan.” Tandas Bupati RO.Roring

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.