Gubernur Olly Dondokambey Laksanakan Peletakan Batu Pertama Taman Wisata Waruga Kawangkoan

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, Ir Bastari melakukan peletakan batu pertama Taman wisata budaya waruga yang terletak di Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (13/08).

Diketahui Pelaksanaan pembangunan kawasan cagar budaya waruga ini menghabiskan total anggaran sekitar Rp.33M Kementrian PU-PR Direktorat Jendral Sumberdaya Balai Wilayah Sungai Sulawesi satu.

“Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi Ir Bastari, dalam laporannya mengatakan terkait pembangunan penataaan wisata ini proyek pengerjaan akan dilakukan pada dua tahap.

“Tahap pertama tahun ini dianggarkan sekitar 7,5 M. Dan tahap kedua sisanya akan dianggarkan pada tahun depan,” tukas Ir Bastari.

Mudah-mudahan sesuai target yang ada, Baik proyek pembangunan waruga dan proyek pembangunan bendungan kuwil akan tuntas pada agustus tahun 2021.

Ditempat yang sama Gubernur Olly Dondokambey, menyampaikan bahwa ini merupakan satu konsep pembangunan yakni pembangunan kawasan wisata waruga dan pembangunan bendungan kuwil.

“Kawasan ini, sejak awal akan dijadikan daerah wisata termasuk wisata budaya. karenanya kita semua tidak boleh melupakan identitas budaya yang ada.” tutur Gubernur OD

Selanjutnya sejarah itu harus dukung agar supaya generasi kita nanti tetap melihat bagaimana kejayaan sulawesi utara pada waktu masa – masa lalu.

Selain melakukan pelatakan batu pertama, Gubernur Olly Dondokambey juga melakukan penanaman pohon.

Turut hadir jajaran Forkopimda Sulut, Kepala Kanwil BPN Sulut, Plt. Kadis Kebudayaan Sulut Jenry Sualang dan para tamu undangan.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.