Brigif Raider 9 Kostrad Kembangkan Potensi Perikanan Ikan Air Tawar

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Pengembangan budi daya kolam ikan di masa pandemi Covid-19 yang belum pasti kapan berakhirnya (berkepanjangan) dengan pembudidayaan ikan lele, nila dan gurame (ikan konsumsi) melalui pembuatan kolam ikan air tawar di Asrama Brigif Raider 9 Kostrad, Patrang, Jember. Minggu (30/8).

Dibutuhkan usaha untuk memberdayakan potensi yang ada untuk ketahanan pangan, menggunakan gulungan plastik HDPE Geomembrane untuk membuat kolam sebanyak tiga buah dengan masing-masing kolam yang rencananya akan diisi dengan ikan lele, nila dan gurame dengan luas kolam 40M X 20M.

Menurut Danbrigif Raider 9 Kostrad Kolonel Inf A. Yoyok Pranowo, S.I.P., dengan dibangunnya kolam ikan ini, apalagi dalam kondisi Covid-19 yang masih belum berakhir diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan bagi satuan khusunya kami satuan Brigif Raider 9 Kostrad di bidang pangan yang dapat menunjang kebutuhan ekonomi yang mana ketika panen dapat kita distribusikan ke para pemborong ikan dan penghasilannya dapat kita salurkan untuk pembangunan satuan.

“Kolam ikan ini tidaklah seberapa artinya, namun diharapkan selain untuk bisa dipanen hasilnya juga dimaksudkan agar bisa digunakan sebagai wadah proses pembelajaran bagi seluruh anggota Brigif Raider 9 Kostrad bagaimana cara beternak dan berbudidaya ikan air tawar, sehingga bisa dikembangkan sebagai salah satu contoh bentuk wira usaha,” ungkapnya.

Selain itu, budidaya ikan air tawar ini bisa dijadikan bekal oleh prajurit dimana apabila nanti di masa pensiun dapat berwirausaha sehingga dapat menunjang kebutuhan ekonomi, disamping itu juga untuk dijadikan aktivitas sehingga di masa pensiun tidak vakum yang menimbulkan kejenuhan yang dapat menurunkan kesehatan.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.