Dandim 1302/Min Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga Pantau Penertiban PETI Mitra

Spread the love

Jurnalline.com, Mitra  – Bertempat di halaman Kantor Bupati Minahasa Tenggara, Desa Ratatotok Satu, Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara, Kamis (17/09/2020) Dilaksanakan Apel Gabungan yang dipimpin oleh Bupati James Sumendap S.H, yang diikuti Unsur Forkopimda, dan
Komandan Kodim 1302/Minahasa Letnan Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga S.I.P,

Adapun Tujuan apel gabungan ini sengaja digelar oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara dalam rangka pelaksanaan penertiban lokasi PETI yang berada di Kebun Raya Megawati Sukarno Putri yang saat ini masih beraktifitas.

“Penertiban ini dipimpin langsung oleh Bupati James Sumendap S.H didampingi oleh Komandan Kodim 1302/Minahasa serta Kapolres Mitra AKBP Robby Rahardian dan personil gabungan yang terlibat dalam operasi penertiban lokasi PETI tersebut adalah 165 personil yang terdiri dari Kodim 1302/Minahasa menerjunkan 40 Orang, Polres Mitra 50 Orang, Satpol-PP Kab. Mitra 40 Orang, Dinas Perhubungan Kab. Mitra 10 Orang, Dinas BPBD Kab. Mitra 15 Orang serta Dinas Kesehatan Kab.Mitra sebanyak 10 Orang.”

Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, mengatakan bahwa operasi penertiban penambang illegal hari ini dilaksanakan dengan melibatkan Forkompinda dan TNI Polri dengan maksud agar para penambang illegal sudah tidak lagi melaksanakan aktifitas penambangan di area kebun Raya Megawati yang merupakan Milik Pemerintah Kabupaten Mitra.

“Dirinya menuturkan, tidak melarang para penambang untuk melaksanakan aktifitas penambangan asalkan sesuai aturan, dimana para penambang tidak di ijinkan melakukan penggalian di lokasi kebun raya Megtawati Sukarno Putri.” Jelasnya

Namun menjadi kewajiban kita untuk menjaga agar kebun raya boleh menjadi tempat penelitian, wisata dan tempat belajar bagi warga masyarakat, bukan bermaksud menutup tambang yang ada di Kecamatan Ratatotok, akan tetapi dirinya tidak akan mentolerir jika ada penambang yang masuk dan merusak Kebun raya Megawati tersebut.

“Menjadi catatan, Saya tidak akan menutup tambang di area bukan Kebun raya Megawati Sukarno Putri. Saya mengerti dan memahami kondisi ekonomi saudara saudara. Silahkan saudara mengais rejeki,” tandas Sumendap.

Sembari meminta kepada seluruh perangkat Desa, tokoh masyarakat maupun tokoh agama agar supaya memberikan pemahaman kepada masyarakat. Bahkan dirinya bangga kepada masyarakat Ratatotok yang sudah paham tentang aturan tersebut,” tambah Sumendap.

Terpisah Komandan Kodim 1302/Minahasa Kolonel Inf Herbeth Andi Amino Sinaga
usai pelaksanaan penertiban tersebut kepada Media Center Kodim 1302/Minahasa melalui seluler mengatakan, bersama pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melaksanakan penertiban terhadap aktifitas Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI), di Desa Ratatotok Satu, Kecamatan Ratatotok yang berlokasi di Kebun Raya Megawati Sukarno Putri, karena sebagai bagian Satuan Kewilayahan (Satkowil), Kodim 1302/Minahasa,

“Personil yang bergabung guna mendukung pemerintah Kabupaten Minahasa tenggara dalam pelaksanaan dalam operasi penertiban lokasi PETI tersebut adalah 165 personil yang terdiri dari Kodim 1302/Minahasa.” tukas Dandim

Turut hadir Wakil Bupati  Mitra Drs Jesaya Osckar Legi,  Dandim 1302/Minahasa  Letkol Inf Herbeth Andi Amino Sinaga, S.I.P,Kapolres Mitra AKBP Robby Rahardian, SIK, Kajari Minsel  I Wayan Eka Miartha, SH. MM, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Iko Sujadmiko, SH.MH, Ketua DPRD Kab. Mitra Marty M. Ole, S.Mn, Sekda Kab. Mitra David Lalandos, AP. MM, Asisten I Kab, Mitra Drs Janny Rollos, M.Si,  Asisten II Kab. Mitra Jotje Wawointana, Kadis Kesehatan Kab. Mitra dr Helny Ratuliu, Kasat Pol-PP Kab Mitra Jonny Kolinug, Kaban BPBD Kab Mitra Welly Mononimbar, SH, Kadis Sosial Kab Mitra Frangky Wowor , Camat Ratatotok Meydi Adri Tani, S.Pd, Kepala UPTD Kebun Raya Megawati Soekarno Putri Arnold Tambuwun, Para Hukum Tua dan Perangkat Desa se-Kecamatan Ratatotok.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.