Peringati Peristiwa G30S PKI, Kodim 0507/Bekasi Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya (Kota Bekasi) – Kodim 0507/Bekasi mengibarkan bendera setengah tiang di halaman Makodim 0507/Bekasi Jalan Veteran No.60 Kel.Margajaya, Kec.Bekasi Selatan, Kota Bekasi, untuk memperingati sejarah kelam peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S-PKI).

Dandim 0507/Bekasi Letkol Arm Iwan Aprianto.S.I.P., Rabu (30/09/2020) kepada Pendim mengatakan, setelah masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September, selanjutnya pada 1 Oktober pihaknya mengimbau kepada semua komponen masyarakat untuk mengibarkan bendera satu tiang.
Karena di hari tersebut, merupakan Hari Kesaktian Pancasila.

“Ini bermakna jika pada 30 September merupakan hari sejarah kelam bangsa Indonesia, namun sehari setelahnya bermakna hari kemenangan karena Indonesia berhasil melawan komunis yang saat itu ingin mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis,” kata Letkol Arm Iwan.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa menerapkan imbauan ini. Karena imbauan tersebut bukanlah imbauan biasa, melainkan memiliki makna yang mendalam untuk mengenang sejarah kelam Indonesia yang saat itu PKI telah mengkhianati dan membantai anggota TNI, ulama, maupun para santri.

Sebagai informasi, peristiwa G30S/PKI merupakan salah satu peristiwa pemberontakan partai komunis yang terjadi pada September sesudah beberapa tahun Indonesia merdeka.

Peristiwa G30S/PKI terjadi di malam hari tepatnya pada tanggal 30 September tahun 1965 sampai di awal 1 Oktober 1965. Dalam sebuah kudeta, setidaknya ada 7 perwira tinggi militer yang terbunuh dalam peristiwa tersebut. Oleh sebab itu masyarakat juga diajak mengibarkan bendera merah putih setengah tiang.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pendim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE