SMK KAL-1 Laksanakan Simulasi Tes Garjas Versi  Militer

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya –
Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1 ) Surabaya memiliki tiga program unggulan,  ke tiga program unggulan peminatan itu masuk dalam jalur ektrakurikuler, jalur sukses menuju dunia usaha, jalur sukses melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dan jalur masuk ke profesi khusus TNI-Polri. Dimasa Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda, SMK KAL-1 yang bernaung di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya dan berdomisili di Komplek Komando Doktrin ,  Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut , Rabu (16/09/20) menggelar Simulasi  Tes Kesegaran Jasmani / Garjas di halaman sekolah.

Tes Garjas SMK KAL-1 tidak sebagai mana mestinya yang dilakukan oleh TNI aktif, karena mereka ini masih siswa di tingkat SMK,  apalagi masih dalam masa pandemic covid-19 , pelatih sekaligus pembina ekstra kurukuler tidak melaksanakan sebagaimana mestinya. Simulasi tes garjas sebagai  penjajakan awal  untuk pembinaan lebih lanjut bagi-siswa yang bercita-cita menjadi TNI – Polri.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si dalam pengarahan sebelum simulasi latihan dimulai, secara khusus memberikan jalan bagi siswanya  yang memilih cita-citanya ke militer. Pamen Kodiklatal ini menfasilitasi segala bentuk latihan fisik dan mental, bahkan  tes phykologi siswa juga akan dilaksanakan.   Kesemuanya menjadi prioritas unggulan baginya  dalam rangka menghantarkan siswa menuju cita-citanya yang akan terjun ke dunia militer.

Simulasi Tes Kesegaran Jasmani (Garjas)  merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan  bagi siswa  SMK KAL-1 yang bercita-cita akan menjadi TNI, tes kebugaran jasmani sangatlah penting untuk mengukur kemampuan sejauh mana tingkat kesiapannya . Sudahkah sesuai target kelulusan / sudah tergolong masuk standar  minimum atau bahkan pencapaian yang maksimem.

Lebih lanjut menurut  Letkol Laut (KH) Drs. Kardiman  selaku pembinanya,   tes garjas ini penting, selain untuk mengetahui kondisi fisik, juga agar kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, sehingga diharapkan dengan kondisi fisik yang prima  kedepan dapat lulus saat waktunya tiba  melaksanakan tes  masuk ke dunia militer. Peserta  yang hadir 65 siswa peminat TNI-Polri juga mendapatkan penjelasan soal materi tes fisik/ garjas yang akan dihadapi saat tes masuk TNI- Polri.

Materi simulasi tes  Kesegaran Jasmani yang dilaksanakan di lingkungan sekolah  mencakup  tes Batetrai “A”  dan tes Baterai B, untuk Baterai A yaitu lari selama 12 Menit, sedangkan untuk Baterai “B” meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Sutlle Run.  Sekitar 70 siswa klas XI dan alumni SMK KAL-1 mengikuti tes garjas  pada sore hari ( jam 15.00 ) sampai selesai , pelaksanaan tes tersebut disesuaikan dengan  protokol kesehatan covid -19 dengan tetap  Memakai Masker,  Mencuci Tangan dan tetap Menjaga Jarak, karena  dengan  disiplin  protokol kesehatan merupakan  hal yang wajib  dilakukan dalam rangka menghindarkan diri dari dari paparan covid-19 dan memutus  penyebarannya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.