Tabur Bunga Peringati Hari Pahlawan Di KRI Semarang-594

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka memeringati Hari Pahlawan tanggal 10 November 2020, KRI Semarang-594 menggelar upacara tabur bunga tingkat nasional. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mendampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Ibu Puan Maharani yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) tabur bunga di atas kapal perang yang sandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selasa (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan 2020 yang mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan bersamaan dengan bunyi gauk KRI selama satu menit, dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan dan diakhiri dengan tabur bunga.

Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Kemensos RI Sonny W. Manalu mewakili Mensos RI Juliari P. Batubara dihadapan awak media menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan yang telah menjadi tradisi setiap tahunnya, disamping pelaksanaan upacara di darat, juga dilaksanakan di laut, karena ribuan pejuang kita, juga bertempur dan meninggal di laut, bahkan tidak diketahui dimana jenazahnya. Oleh karena itu menjadi kebijakan pemerintah, tiap tahun dilaksanakan tabur bunga di laut, sebagai bentuk penghormatan pemerintah terhadap jasa-jasa pahlawan yang gugur mempertahankan keutuhan NKRI.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Kemensos ini bahwa pelaksanaan upacara tabur bunga ditengah pandemi Covid-19, TNI AL sebagai penyelenggara kegiatan telah melakukan protokol kesehatan dengan baik. Sebelum kegiatan acara dilaksanakan rapid test oleh tim kesehatan kepada seluruh undangan sebelum memasuki KRI Semarang-594.

Peringatan Hari Pahlawan di kapal perang tahun 2020 ini turut dihadiri Pangkoamada I, Pangkolinlamil, Kapushidrosal, Kadispenal, Kadisjarahal, Kadisbintalal dan Danlantamal III Jakarta. Sementara dari personel elemen pemerintah lainnya diantaranya, Kepala Badiklit Pensos Prof. Syahabbudin, Staf Ahli Menteri Bidang Dinamika Sosial Kemensos RI Adhy Karyono, pejabat TNI-Polri dan peserta upacara dari TNI-Polri, serta undangan lainnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.