Satran Koarmada II Laksanakan Manuver Lapangan Latihan Glagaspur TK III / L-3

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II – Latihan Glagaspur TK III/L-3 Tahun 2020 yang digelar oleh Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II, sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit telah memasuki Tahap Manuver Lapangan pada Kamis (26/11) lalu di Perairan Situbondo.

Pelaksanaan Manuver Lapangan atau Manlap Glagaspur TK III/L-3 adalah puncak dari serangkaian kegiatan sebelumnya, yakni tahap pembekalan klasikal, drill peralatan sampai dengan pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG). Sedangkan dalam pelaksanaan Manlap dilaksanakan beberapa latihan, diantaranya Mine Field Transit (MFT), Penyebaran Ranjau, Pemburuan dan penyapuan Ranjau, Penggelaran Peralatan Portable, serta netralisasi ranjau menggunakan MDC PAP dan metode Conning Run.

Dalam Latihan Glagaspur TK III / L-3 tahun ini, Satran koarmada II melibatkan tiga unsur kapal perangnya yakni KRI Pulau Rengat-711, KRI Pulau Rupat-712 dan KRI Pulau Rimau-724 dan unsur pendukung dari Satkopaska, Dislambair, Diskes dan Arsenal.

Sementara itu menurut Palaklat Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan, Latihan Glagaspur TK III/L-3 bernilai penting bagi Satran. Sebab Peperangan Ranjau yang menjadi tanggung jawab utama satuannya, merupakan salah satu doktrin peperangan yang sangat penting dalam menunjang kekuatan tempur TNI AL.

Ferry pun menambahkan jika latihan ini juga memberikan pengetahuan baru kepada prajurit untuk menjajal kemampuan dalam hal setting ranjau, penggelaran peralatan portable bawah air guna menunjang kegiatan survey ops dan operasional ROV (Remotely Operated Vehicle).

Disisi lain Letkol Fery menegaskan, bahwa kegiatan ini selaras dengan arahan dari Pangkoarmada II Laksda I N.G. Sudihartawan terkait pembinaan kekuatan, sekaligus wujud implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.