Dandim Letkol Kav Dedi Setiadi, Turun Langsung Cek Lahan Ketahanan Pangan

Spread the love

Jurnalline.com, Pandeglang (Banten) – Dalam upaya mensukseskan program ketahanan pangan diwilayah Kabupaten Pandeglang, Komandan Kodim (Dandim) 0601/ Pandeglang Letkol Kav Dedi Setiadi, turun kelapangan pengecekan lahan di Kampung Kaduhelo Desa Sukasari Kecamatan Kaduhejo Pandeglang Banten, Sabtu (16/01/2021).

Didampingi Babinsa desa Sukasari Serka H. Ayo, Dandim tinjau lokasi ketahanan pangan yang rencana akan ditanami tanas beneng bekerjasama dengan kelompok tani Karya Makmur.

Talas beneng merupakan singkatan dari besar dan koneng yang artinya berukuran besar dan berwarna kuning. Jenis tanaman ini asli berasal dari Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, talas ini menjadi salah satu komoditi bahan pangan pokok di Provinsi Banten selain beras dan aneka umbi.

Talas beneng memiliki karakteristik yang berbeda dengan talas dari daerah lainnya. Talas ini tumbuh liar di lereng gunung, memiliki batang yang besar dan panjang serta pada bagian akarnya terdapat umbi-umbi kecil (kimpul) yang bergerombol. Selain kimpul, bagian utama yang dapat dimakan adalah batang.

“Talas beneng memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai sumber pangan lokal. Ukurannya yang besar dengan kadar protein yang tinggi serta warna kuning yang menarik adalah kelebihan yang dimiliki talas beneng yang menjadi ciri khas yang tidak dimiliki talas jenis lain,” ujar Letkol Kav Dedi Setiadi.

Masih kata Dandim “Talas beneng merupakan jenis ubi-ubian asli Pandeglang yang penanaman dan pengelolaannya telah berhasil dikembangkan warga kelompok tani yang dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti keripik kue dan bahan dasar penganan lainnya,” ucapnya.

Penulis : Jon
Editor : Ndre
Sumber : Kodim 0601

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.