Kostrad Kerahkan Satgas Kemanusiaan Bantu Korban Banjir Di Kalsel

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Sebanyak 25 prajurit Batalyon Perbekalan dan Angkutan (Yonbekang) 1 Divisi Infanteri 1 Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kemanuasiaan, Penanggulangan Bencana Banjir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan di Bawah kendali Operasi ( BKO) Korem 101/Antasari, berkedudukan di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Babupaten Banjar guna memberikan bantuan korban bencana alam banjir di Kalimantan Selatan dengan menyiapkan kebutuhan makan, mulai dari memasak dan mendistribusikannya kepada warga melalui posko-posko di pengungsian, Selasa (19/1/2021).

Kegiatan bantuan menyiapkan kebutuhan makan ini dipimpin oleh Letda Cba Teza Adithya Utama dengan mendirikan dapur lapangan di halaman Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Babupaten Banjar. Logistik akan di distribusikan ke Posko kelurahan Murung Keraton oleh Serda Narwoto Babinsa Kodim 1006/06 Martapura.

Letda Cba Teza Adithya Utama mengatakan, bahwa selain kegiatan bantuan menyiapkan kebutuhan makan, Kegiatan yang akan dikerjakan dilokasi banjir yakni membantu warga secara bergiliran pengamanan wilayah yang rumahnya kosong tergenang banjir untuk menghindari pencurian oleh orang tidak dikenal, membantu pendistribusian makan bagi pengungsi maupun yang masih bertahan di rumah.

Selain itu, memonitor situasi bahan makanan di posko pengungsian dan mengevakuasi warga yang terisolir atau terjebak di dalam rumah.

Untuk diketahui banjir menerjang Kalimantan Selatan sejak Kamis (14/1) akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut selama hampir 12 jam hingga akhirnya air sungai meluap. Akibatnya banyak warga terdampak dan harus mengungsi. Selain itu, banjir juga menyebabkan akses jalan dari Palaihari-Banjarmasin terputus.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.