KRI FTH-361 Dan KRI BDK-623 Gelar Latihan Bersama Di Medan Operasi

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Koarmada II, Surabaya – Unsur satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia dibawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II yang saat ini sedang melaksanakan tugas operasi yaitu KRI FTH (Fatahilah)-361 dan KRI BDK (Badik)-623 melaksanakan latihan bersama di laut Sulawesi pada Jumat (15/1/2021).

Latihan bersama yang digelar oleh dua unsur KRI tersebut sebagai tindak lanjut dari perintah Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo agar seluruh Unsur KRI senantiasa menjaga kesiapsiagaan tempur kapal masing-masing dan melatih uji terampil dari semua prajuritnya selama melaksanakan tugas operasi dibawah kendali BKO Guspurla Koarmada II.

Komandan KRI FTH-361 Letkol laut (P) Ahmad Ahsan menyampaikan “Pada latihan bersama yang digelar saat ini, kami melaksanakan latihan flash exercise dan flaghoist exercise yaitu latihan komunikasi dengan menggunakan isyarat lampu dan isyarat bendera serta Air defence exercise atau latihan pertahanan udara. Latihan komunikasi isyarat ini digelar sebagai bentuk antisipasi jika terjadi Black Out (Alat peralatan mati/tidak bisa dioperasikan) saat melaksanakan tugas operasi di tengah laut” terang Letkol Ahsan.

Latihan bersama untuk meningkatkan profesionalisme prajurit ini merupakan implementasi dari program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang Unggul.

Dalam pelaksanaan latihan bersama di medan operasi tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti yang telah ditekankan oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan guna mencegah penularan Covid-19 serta tetap menjaga kesehatan seluruh prajurit agar mampu melaksanakan tuntutan tugas dengan stamina prima.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.