Pemberdayaan Sektor Maritim , Wujudkan Indonesia Hebat

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Indonesia sebagai negara yang memiliki laut yang luas, sektor maritim memiliki peran strategis untuk itu pemberdayaan sektor maritim akan bisa mewujudkan Indonesia hebat. Pembangunan sektor maritim hanya bisa maju jika seluruh komponen bangsa bersama-sama dan bekerja demi kemajuan bangsa, demikan hasil kesimpulan Dialog Kemaritiman yang digelar TNI Angkatan Laut dalam rangka memaknai Hari Dharma Samudera yang jatuh tanggal 15 Januari bertempat di KRI Dewaruci yang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara. Kamis, (14/1). Dialog Kemaritiman ini diikuti para tokoh publik Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia

Dialog kemaritiman mengangkat tema, “Maritim Jaya Indonesia Hebat,” tersebut, menghadirkan pembicara antara lain, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi yang menyampaikan materi peran Kementerian Desa PDTT dalam kesejahteraan desa pesisir. Kementrian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI diwakili Asdep Pengelolaan Perubahan Iklim dan Kebencanaan pada Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kus Prisetiahadi, S.Pi., M.Sc., Ph.D., dengan materi kebijakan Pemerintah dan keterlibatan daerah dalam pembangungan infrastruktur dan pemanfaatan sumber daya laut untuk mendukung maritim jaya Indonesia hebat.

Sedangkan narasumber lainnya yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diwakili Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah Danny Januar Ismawan menyampaikan materi kebijakan pemerintah dalam penyiapan sarana teknologi informasi di desa-desa pesisir dan wilayah perbatasan. Selanjutnya Kementrian Kesehatan RI diwakili Kasubdit Puskesmas dr. Monika Saraswati Sitepu, M.Si., dengan materi Peran Kemenkes dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di desa pesisir dan wilayah perbatasan, sementara Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika dengan materi Peran TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah pada sektor kemaritiman.

Kegiatan dialog kemaritiman tersebut digelar agar keterpaduan, sinegitas dan kebijakan serta rencana kerja antara pemerintah dengan TNI Angkatan Laut terjalin dengan baik. “Diharapkan terjalin pemahaman dan persepsi yang sama tentang arah pembangunan yang berorientasi kemritiman untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir maupun pulau-pulau terluar dengan berpedoman pada kebijakan yang sudah dirancang khususnya sektor pariwisata,” papar Kadispotmaral

Selain acara dialog kemaritiman, dalam rangka menyambut Hari Dharma Samudera, TNI AL juga mengadakan lomba foto dan video tentang KRI Dewaruci untuk masyarakat umum dan keluarga TNI-Polri,.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.