Posko II TNI AL Lantamal V Berangkatkan 30 Truk Untuk Bantuan Kemanusiaan

Spread the love

Jurnalline.com, Lantamal V – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, yang ditunjuk sebagai Posko II TNI AL untuk bantuan kemanusiaan, kembali memberangkatkan 30 truk berisikan bahan bantuan bagi masyarakat korban bencana alam, khususnya yang berada di wilayah Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Mamuju Sulawesi Barat. Bantuan diberangkatkan dengan menggunakan unsur TNI AL KRI Banda Aceh-593, Selasa (26/01).

Diungkapkan oleh Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI I N.G. Sudihartawan, saat memberangkatkan bantuan tersebut bahwa, ini merupakan sumbangan dari berbagai satuan TNI, Pemerintah Daerah, hingga masyarakat yang telah terkumpul di Posko Kemanusiaan Lantamal V. “Ini merupakan pengiriman ke tiga kalinya dari Pangkalan Surabaya, dan akan menuju ke dua tempat yaitu Banjarmasin dan Mamuju”, kata Panglima Koarmada II.

Senada dengan itu, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, SE., MM., M.Soc., Sc, mengatakan dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menyisihkan rizkinya bagi kemanusiaan.

“Berbagai kalangan sangat antusias untuk berpartisipasi memberikan bantuan kemanusiaan di Posko Kemanusiaan Lantamal V, semoga bantuan yang diberangkatkan dapat berjalan dengan lancar serta dapat meringankan penderitaan saudara kita yang wilayahnya mengalami bencana”. Ungkap Danlantamal V.

Sebanyak 30 truck bantuan yang dikirim melalui KRI Banda Aceh-593, terdiri dari berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti Beras, Mie Instan, Air mineral kemasan, Makanan Bayi, Tenda, Selimut, alat mandi, Perlengkapan wanita, Perlengkapan Ibadah, obat-obatan, Masker dan item lainnya.

Sejak terjadinya bencana gempa bumi di Mamuju pada pertengahan Januari, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM., menginstruksikan jajaran TNI AL untuk merespon cepat kondisi darurat bencana. Lantamal V yang bermarkas di Surabaya ditunjuk sebagai Posko II TNI AL untuk Bantuan Kemanusiaan dan kurang dari 24 jam pasca gempa pertama, bantuan gelombang pertama langsung diberangkatkan dengan KRI dr Soeharso-990.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.