Siswa Calon Awak Kapal Selam Kodiklatal Lattek Kompas Siang dan Malam

Spread the love

Jurnalline.com, Situbondo Jawa Timur – Dalam upaya meningkatkan dan mempertajam naluri tempur, sebanyak 30 prajurit Siswa Pendidikan Calon Awak Kapal Selam (Dikcawakkasel) angkatan ke-55 Ta 2020 yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Kapal Selam (Sekasel) Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla Kodiklatal melaksanakan latihan Praktek (Lattek) Kompas siang dan Kompas Malam. Lattek Kompas ini digelar di Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) Baluran Kecamatan Banyu Putih Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Kamis, (28/1/2021)

Lattek kompas yang juga melibatkan 29 personil pendukung terdiri pelatih, instruktur dan pembimbing Siswa (Bingsis) tersebut dipimpin langsung Komandan Sekolah Kapal Selam (Dansekasel) Pusdiksus Letkol Laut (P) Futut Ariek Akhiranto, S.H., M.Tr Opsla yang juga menjabat Perwira Pelaksana latihan (Palaklat) Lattek Siswa Dikcawakkasel.

Adapun lattek Siswa Dikcawakkasel ini merupakan pelaksanaan dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI Angkatan laut yang unggul dan profesional serta tangguh mengadapi segala ancaman serta penyiapan pengawak Alut sista TNI AL yang memiliki daya gerak dan daya tempur yang tinggi.

Dansekasel Pusdiksus Letkol Laut (P) Futut Ariek Akhiranto, S.H., M.Tr Opsla disela sela pelaksanaan Lattek Kompas menyampaikan bahwa lattek ini merupakan rangkaian dalam kegiatan Sea and Jungle Survival Siswa Dikcawakkasel Angkatan ke-55 Ta 2020. Menuruntya Latihan kompas ini bertujuan untuk membekali dan melatih para siswa agar memiliki ketrampilan dalam penggunaan kompas baik di siang maupun malam hari.

Menurutnya kemampuan menggunakan kompas bagi seorang prajurit mutlak diperlukan karena dengan menggunakan kompas akan dapat menentukan kedudukan musuh (Interseksi) maupun kedudukan sendiri (Reseksi) dan menentukan sudut peta dengan benar. Selain melaksanakan Lattek Kompas, dalam waktu yang bersamaan para siswa juga melaksanakan Lattek Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP) di daerah latihan yang sama.

Mengingat hambatan dan kesulitan didaerah latihan yang tidak bisa diprediksi, Komandan Sekasel Pusdiksus Kodiklatal ini berpesan agar seluruh pelaksana latihan, staf latihan serta para siswa senantiasa menjaga keselamatan personil dan material serta melaksanakan koordinasi yang baik dengan unsur pendukung lainya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.