APBDes 2020, Pemdes Sukabakti Melaksanakan Kegiatan Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat Dan Pencegahan Covid 19

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Realisasi anggaran pendapatan belanja Desa (APBDes) tahun 2020 Desa Sukabakti kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung, pemerintah Desa (pemdes) telah merampungkan seluruh kegiatan subbidang pembangunan infrastruktur, bidang pemberdayaan dan penanganan covid 19 serta pembagian BLT DD tahun 2020, Kamis (28/01/2020).

Ketika di temui di ruangan kerjanya Susilo selaku kepala Desa Sukabakti menyampaikan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur, pemdes sukabakti telah menyelesaikan kegiatan pertama seperti membangun Drenase di dusun 001 Sukabakti, Pembangunan Drenase di dusun 003 Bakti Mulyo, pembangunan Rabat beton di dusun 002 Bakti Rejo, pembangunan dan gorong gorong di Dusun 001 Sukabakti.

Selanjutnya pembangunan Rabat beton di Dusun 006 Rantau makmur sepanjang 650 Meter, pembangunan Rabat beton di Dusun 004 Lebung baru panjang 100 Meter, Pembangunan Rabat beton di dusun 004 lebung baru panjang 45 Meter, pembangunan Rabat beton di dusun 001 Sukabakti panjang 115 Meter.

“Alhamdulillah dengan ada pembangunan jalan rabat beton dan Drenase di Desa kami bisa menjadikan akses perekonomian semakin Lancar, Tingkat produk di desa bisa terjual dan harga meningkat,” ungkap Susilo

Untuk bidang pemberdayaan Hanya Pelatihan sistem keuangan Desa (Siskudes) di ikuti oleh sekdes dan kaur keuangan.

Bidang pemberdayaan operasional kemasyarakatan yaitu operasional BPD, Guru ngaji, LPM, PKK, posyandu Lansia, posyandu balita, karang taruna.

Masih di ruangan yang sama Widi Zulcharnain selaku sekertaris Desa menambahkan.
Selain pembangunan dan pemberdayaan pemdes sukabakti melaksanakan kegiatan pencegahan covid 19 sesuai dengan surat edaran kementrian dan Surat edaran Bupati.

Langkah pertama membentuk satgas sebanyak 46 orang meliputi aparatur desa, BPD, RT, Babinsa, Babinkantibmas, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Satgas bertugas membuat posko kesehatan, penyemprotan disinfektan di rumah dan tempat umum seperti masjid, gereja. pembagian masker, membeli alat pelindung diri (APD).

” Kami dalam pembentukan satgas covid-19 melibatkan, perangkat desa dan tokoh masyarakat, satgas ini bertugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan berjaga di posko, di sana kami salurkan dana untuk satgas Rp 200.000 perorang sekali,” Ujar Widi sapaan akrabnya

Lebih lanjut Widi mengatakan untuk kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT DD) sebayak 50 KPM dari bulan April sampai bulan Desember 2020.

sebanyak 50 KPM, di bulan April sampai bulan Juni 2020 masing-masing mendapat Rp 600.000/ bulan.

Sedangkan Untuk pembagian BLT di bulan Juli sampai dengan Desember 50 KPM masing masing mendapatkan Rp 300.000/ bulan.

” Untuk pembagian BLT di tahun 2020 kami gulirkan di bulan April sampai bulan Desember sebanyak 50 KPM,” Ucap Widi sapaan akrabnya

Di akhir wawancara Widi menghimbau
kami dari pemerintah Desa Sukabakti supaya masyarakat Menjalankan 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak.
Tidak kalah pentingnya juga karna di musim sekarang ini penghujan atau panca roba harus bersih bersih lingkungan supaya terhindar dari Demam Berdarah ( DBD).

“karna covid 19 dan DBD sama sama berbahaya covid menyerang pernapasan sedangkan DBD Menyerang seluruh tubuh.
Harapan Untuk masyarakat desa suka Bakti untuk di bidang kesehatan bisa selamat dari Angka sakit ,sukur sukur Tidak ada masalah yang lain,” Tutup nya.

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.