Koarmada II Gelar Apel Khusus Penghormatan Terhadap Prajurit KRI Nanggala-402

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Koarmada II. Surabaya – Status _On Eternal Patrol_ atau yang bisa diartikan berpatroli untuk selamanya bagi KRI Nanggala-402, yang telah dinyatakan tenggelam di perairan Pulau Bali jelang latihan penembakan torpedo, menjadi duka mendalam bagi Indonesia, khususnya TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II.

Sebagai penghormatan, Koarmada II menggelar Apel Khusus yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Koarmada II , serta doa bersama yang dipimpin Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada II Laksma TNI I Gung Putu Alit Jaya, mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, bertempat di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Senin (26/4).

Dalam apel khusus tersebut, Pangkoarmada II melalui amanat tertulis yang dibacakan Pimpinan Apel mengungkapkan jika Tim SAR telah mendapatkan kejelasan melalui bukti-bukti visual bawah air, bahwa KRI Nanggala berada di dasar lautan sedalam 838 meter dan seluruh awak kapal dinyatakan gugur dalam tugas.

” Sehingga kita sebagai hamba Tuhan sepatutnya senantiasa berharap pertolongan dari Tuhan penguasa alam semesta, dan bersama-sama menengadahkan tangan memohon agar seluruh prajurit dan unsur yang terlibat dalam pencarian KRI Nanggala diberikan kekuatan, ketabahan serta keselamatan”, tegas Pangkoarmada II dalam amanatnya.

“ Tabah Sampai Akhir sebagai motto kapal selam telah menanamkan nilai-nilai luhur kepada kita sekalian.Dengan kejadian yang dialami KRI Nanggala-402, menunjukan mereka para ABK memiliki keberanian dan harga diri serta kehormatan sebagai prajurit yang tidak mudah dikalahkan. Inilah nilai-nilai yang harus menjadi jiwa dan semangat dalam menghadapi tugas dan tantangan di masa depan”, pungkas Pangkoarmada II.

Usai melaksanakan Apel Khusus seluruh Prajurit dan PNS yang beragama Islam menuju Masjid Al-Mahdi untuk melaksanakan Sholat Ghoib dilanjutkan dengan Tahlil dan Doa.Sedangkan yang beragama Nasrani dan Hindu melaksanakan Doa bersama di Gereja Galilea Pasiran dan Pura Jalawira Dharma dalam rangka mendoakan arwah seluruh ABK KRI Nanggala-402.

Editor : Ndre
Sumber : Pen2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.