Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. : Masa Pandemi Melatih Mahasiswa Memiliki Self Directed Learning

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL-STTAL Surabaya – “Masa pandemi Covid’19 melatih mahasiswa memiliki “Self Directed Learning” yakni menjadi pembelajar mandiri yang tangguh sebagai outcome dari edukasi, dimana kompetensi ini tentu saja sangat diperlukan oleh para prajurit yang hidup di abad 21”. Demikian penegasan dari Komandan STTAL, Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., dalam amanatnya yang disampaikan pada Upacara Pembukaan Pendidikan Program S2 Angkatan 9, S1 Angkatan 42, dan D3 Angkatan 17, Senin, 21 Juni 2021, di Gedung Marore STTAL Bumimoro Surabaya, dihadiri Wadan, Seklem, Para Direktur, Kapokdos, Para Kepala Departemen, Dankorsis, Para Kaprodi, dan pejabat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Komandan STTAL, Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., mengapresiasi keberhasilan para mahasiswa baru dalam menjalani rangkaian aktifitas matrikulasi yang sangat padat dan bisa diikuti dengan baik, sebagai suatu fase adaptasi dan persiapan agar mampu mengikuti kegiatan pendidikan yang sesungguhnya dalam waktu yang relatif lama sesuai dengan stratanya. “Langkah selanjutnya adalah kalian harus terus berkarya, berinovasi dan berprestasi. Jadilah pioneer agent of change dalam gerakan transformasi teknologi dan personel di lingkungan TNI bahkan di kancah nasional”, tandas alumnus AAL-33.

Komandan STTAL, Laksma TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., lebih lanjut menekankan perlunya melaksanakan protokol kesehatan, berhati-hati dan waspada dimasa pandemi agar terjaga kesehatan serta terhindar dari Covid’19. Namun demikian, juga tidak menjadikan pandemi covid’19 sebagai hambatan dalam belajar. Justru dalam kondisi seperti ini merupakan tantangan tersendiri untuk membangun kreatifitas terhadap pendayagunaan teknologi. Masa pandemi ini dapat melatih serta menanamkan kebiasaan menjadi pembelajar mandiri melalui berbagai kelas daring atau webinar yang diikuti oleh mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga dapat bekerja sama satu dengan yang lain untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran serta menghadapi permasalahan nyata yang ada. Situasi pandemi, bukan hanya menjadi tantangan bagi mahasiswa saja, namun juga para dosen dalam menyampaikan edukasi dimana para dosen perlu memastikan bahwa mahasiswa mampu memahami materi pembelajaran dengan baik.

Editor : Fram
Sumber : Berita Bagian Penerangan STTAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE