Pengurus BKAD Kecamatan Sragi Berharap PISEW : Melanjutkan Pembangunan

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Sosialisasi tahap ke dua Program infrastuktur sosial ekonomi wilayah ( Pisew ) di Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung, Tahun 2021 di aula kantor kecamatan setempat, Jum’at sore (2/7/2021).

Di tahun 2021 ini Pisew Membangun peningkatan jalan penghubung jenis rabat beton dan membangun talud, jalan penghubung Desa Sumber sari menuju Desa Sumber agung.

Menurut keterangan Tristian ari wibowo Selaku Asisten tenaga ahli dari Balai Besar Dia mengatakan ada
39 kecamatan di provinsi Lampung, di kabupaten Lampung Selatan ada tiga kecamatan yaitu kecamatan Sragi, Merbau Mataram dan Jati agung.

Dengan program ini dia harapkan dapat membantu masyarakat selama di musim pandemi covid-19, karena dalam pengerjaan nya padat karya masyarakat setempat (Swakelola).
kami mengapresiasi kepada masyarakat dan Ketua pengurus BKAD, yang telah melaksanakan pembangunan wilayah atau Pisew.

Yang telah melaksanakan pembangunan rabat beton sepanjang 1097 Meter, di Desa Sumber sari menuju Desa Sumber agung, pembangunan ini kami akan serahkan kepada masyarakat agar dapat di manfaatkan dan di jaga dan rawat.

Di hadapan masyarakat, yang Hadir, Dia berharap bahwa Fisik ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan yang bermuatan tonase lebih dari 10 ton, harus ada pengawasan, dan harus ada perawatan.

“Saya harapan agar dapat bekerja sama untuk mensukseskan program Pisew, Alhamdulillah tahun anggaran 2021berjalan lancar tidak ada temuan,” Ucapnya

Lebih lanjut dia mengatakan Untuk kelanjutan di tahun berikutnya masih dalam proses pengajuan.
Program ini lebih banyak mengatasi masalah transportasi yang kondisinya memang betul-betul masih minim dan sudah rusak berat, juga untuk menunjang ekonomi, sosial dan infrastruktur.
“Mangkanya masih kita kembangkan dan kembangkan lagi, Di wilayah kecamatan Sragi yang tepat sasaran,” Tutupnya

Pada sesen tanya jawab Ali Rohim selaku kepala Desa Sumber agung, Dia menyampaikan usulan untuk melanjutkan pembangunan jalan penghubung antara Desa Kedaung menuju Desa Sumber agung yang belum usai pada tahun 2019 dan tahun 2021 yaitu jalan penghubung Desa Sumber sari menuju Desa Sumber agung, karena jalan tersebut sangat di butuhkan masyarakat

” Saya bukan mengajukan pertanyaan melainkan mengusulkan, untuk melanjutkan pembangunan, karena jalan tersebut akses warga wilayah Sragi menuju sekolah dan mengeluarkan hasil bumi,” Usulnya

Usai sosialisasi ketika di wawancarai wartawan Faktualmedia.co,
Iwan Kuswara selaku Ketua Badan koordinasi antar desa (BKAD) Kecamatan Sragi dia memaparkan, Awalnya di kecamatan Sragi ada 4 (empat) desa sasaran program Pisew Tahun 2018 yaitu membangun jalan penghubung Desa Margajasa, sumber sari, Sumber agung.

Setelah itu di tahun 2019 desa sasaran sesuai SK pusat yaitu Desa Kedaung dan Sumber agung, Saat itu membangun jalan penghubung jenis rabat beton, belum tuntas.
Masih tersisa sekitar panjang 600 Meter, yang kondisinya saat ini jalan masih Onderlag. Yang di danai dari Pisew tahun 2019.

Pada Tahun 2021 Desa Sumber agung dan Sumber sari membangun jalan jenis rabat beton sepanjang 1097 Meter dan Talud.

Selanjutnya Kalau untuk tahun 2022 tetap mengacu ke empat desa sasaran, karena titik koordinatnya yang sudah di usulkan yaitu lanjutan pembangunan jalan penghubung antara Desa Sumber sari menuju Desa Sumber agung sepanjang lebih kurang 650 Meter.

Iwan Kuswara berharap, Karena ini adalah sasaran Pisew artinya secara ekonomi itu jelas adalah untuk mengeluarkan hasil bumi Tiga desa tadi, Bahkan Desa sekitar yang masuk di kecamatan Sragi.

Secara sosial di wilayah itu banyak pasilitas Sekolah, tempat pemakaman umum (TPU) Pure, dan pasar.

“Artinya Dengan di bangunnya jalan tersebut jelas secara ekonomi, sosial dan infrastruktur sangat mengena dengan masyarakat, karena jalan tersebut sangat di butuhkan oleh masyarakat wilayah Kecamatan Sragi, karena jalan tersebut juga jalan pintas,” Harap Iwan Kuswara

Penulis : Rudi.
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.