Prajurit Kodiklat TNI AL Mulai Donor Plasma Konvalesen di PMI Gresik

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal Surabaya – Setelah melalui proses pengambilan sampling darah dan dilanjutnya dengan pemeriksaan sampling darah di PMI Cabang Gresik, sebanyak 72 penyintas Covid-19 dari Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) dinyatakan memenuhi syarat untuk melaksanakan donor plasma konvalesen di PMI Gresik (27/7).

Plasma Konvalesen dari penyintas Covid-19 ini sangat diperlukan dalam proses penyembuhan masyarakat yang terpapar Virus Corona. Dan sampai saat ini, permintaan plasma konvalesen di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo dan Gresik) masih cukup tinggi. Setiap hari masyarakat harus antri untuk mendapatkan plasma konvalesen.

Kolonel Laut (K) Drg. Ketut Triwanto, Sp.Ort. sebagai penanggung jawab kegiatan donor plasma konvalesen di Kodiklatal mengatakan bahwa para penyintas Covid-19 di Kodiklatal cukup banyak. Sebagian besar mereka adalah prajurit siswa yang sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal, namun ada juga dari penyintas Covid-19 ini dari prajurit dan PNS Kodiklatal.

“Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan donor plasma konvalesen ini, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan plasma konvalesen dalam penyembuhan penyakit akibat virus corona ini. Oleh sebab itu, kegiatan ini kami namakan Donor Plasma Konvalesen dari Siswa untuk sesama,” ujar Pamen TNI AL yang saat ini menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal.

Proses pengambilan Sampling darah telah dilaksanakan hari Rabu lalu, 21 Juli 2021 di Gedung Mulyadi dengan peserta sebanyak 115 orang. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan Sampling darah di PMI Gresik. Berdasarkan hasil pemeriksaan di PMI Gresik maka sebanyak 72 memenuhi syarat untuk melakukan donor plasma darah, sedangkan sisanya sebanyak 43 tidak memenuhi syarat.

Selanjutnya, pada hari Senin, 26 Juli 2021 mulai dilaksanakan pengambilan plasma darah konvalesen di PMI Gresik. Namun karena proses pengambilan cukup lama dan alat yang dimiliki terbatas, maka donor plasma dilaksanakan secara bertahap. “Untuk hari senin kemaren (26/7) telah dilaksanakan donor plasma konvalesen terhadap 19 orang penyntas Covid-19,” ujarnya.

Editor : Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.